SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Kondisi ekonomi Jateng pada Oktober 2015 mengalami deflasi sebesar 0,04%.

Kanalsemarang.com,SEMARANG—Penurunan harga cabai menjadi pemicu deflasi di Jawa Tengah sebesar 0,04% pada Oktober 2015 atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya 0,15%.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Jateng, Jam Jam Zamachsyari mengatakan perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober 2015 secara umum mengalami penurunan.

Menurutnya, komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terjadinya deflasi di Jateng yakni cabai merah, cabai rawit, telur ayam ras, daging ayam ras, dan cabai hijau.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Provinsi Jateng, pada Oktober 2015 terjadi deflasi sebesar 0,04% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 120,38 lebih rendah dibandingkan September 2015 yang mengalami deflasi sebesar 0,15% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 120,42.

Dia menambahkan deflasi yang disebabkan penurunan harga ditunjukkan dengan terjadinya penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 0,49%; kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,05%; kelompok sandang sebesar 0,02% dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,01%.

Dari enam ibukota provinsi di Pulau Jawa, lima kota mengalami deflasi dan satu kota mengalami inflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Surabaya sebesar 0,34% diikuti Serang sebesar 0,30%.

“Adapun Semarang mengalami deflasi sebesar 0,16%; Bandung sebesar 0,06% dan DKI sebesar 0,05%. Sedangkan inflasi terjadi di Yogyakarta sebesar 0,01%,” terangnya dalam keterangan di BPS, Senin (2/11/2015).

Adapun, inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga ditunjukkan dengan kenaikan indeks terjadi pada kelompok kesehatan sebesar 0,30% diikuti kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,20% dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,19%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya