SOLOPOS.COM - Destinasi wisata Kota Lama Semarang, Jawa Tengah yang bakal ramai dikunjungi saat libur Lebaran 2023. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng mencatat ada 394.700 wisatawan lokal/nusantara (wisnus) dan 2.328 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di 35 kabupaten/kota provinsi setempat.

Dari total ratusan ribu wisatawan tersebut, paling banyak mengunjungi destinasi wisata yang berada di Kota Semarang.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Merujuk dari data top lima destinasi tempat wisata dengan kunjungan wisnus terbanyak, Kota Lama Semarang berada di urutan pertama. Kemudian disusul Candi Prambanan Klaten, Semarang Zoo, Pantai Marina Semarang, dan Lawang Sewu Semarang.

Sedangkang pada data wisman, Candi Borobudur Magelang berada di urutan pertama. Kemudian disusul Candi Prambanan Klaten, Candi Plaosan Klaten, Lawang Sewu Semarang, dan Pura Mangkunegara Surakarta.

“Perlu dicatat, data yang dilaporkan baru 65,71 persen. Jadi kemungkinan perubahan masih berpeluang besar. Tapi berdasarkan data sementara ini, menunjukkan bahwa kecenderungan wisatawan untuk berkunjung ke daya tarik wisata yang populer masih terbilang tinggi,” ungkap Kabid Disporapar Jateng, Setyo Irawan, kepada Solopos.com, Selasa (25/4/2023).

Setyo menjelaskan Kota Lama Semarang sering menempati urutan teratas karena kawasan tersebut merupakan destinasi wisata yang tidak berbayar atau tanpa tiket masuk. Selain itu, letak dan aksesnya yang mudah dijangkau dan bisa dikunjungi setiap saat karena tak ada pembatasan waktu atau buka 24 jam.

“Faktor itu yang kemudian membedakan Kawasan Kota lama dengan daya tarik wisata lainnya di Jateng,” jelasnya.

Kendati Kota Semarang mendominasi kunjungan wisatawan lokal selama Lebaran, bila ditarik dari 10 destinasi wisata favorit, pola pergerakan wisatawan saat ini sebanyak 60 persen lebih cenderung mencari wisata alam. Sisanya mencari wisata heritage atau yang memiliki nilai sejarah dan edukasi.

“Dari data juga diketahui bila yang dikunjungi wisatawan sebesar 60 persen wisata alam. Selebihnya seperti Kota Lama Semarang, Candi Prambanan, Lawang Sewu dan wisata sejarah dan edukasi lainya,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, 10 tempat wisata di Jateng yang berpotensi ramai dikunjungi ada di Taman Wisata Air Panas Guci Tegal, Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang, Pantai Badengan Jepara, Lokawisata Baturaden Banyumas, Owabong dan Sigandul View Purbalingga.

Selanjutnya Candi Borobudur, Candi Mendut dan Pawon Bukit Rema Putut Setumbu Magelang, dan terakhir di Taman Balekembang, Masjid Al Zayed dan Solo Zoo Surakarta.

Sedangkan untuk puncak kunjunganya, diperkirakan terjadi sekitar tanggal 23 April hingga 29 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya