SOLOPOS.COM - Ilustrasi sosialisasi Pemilu 2014 di Mal (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

KPU Jateng mengembangkan komunitas peduli pemilu di semua tingkatan wilayah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng0 membentuk dan mengembangkan komunitas-komunitas peduli pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) di semua tingkatan wilayah.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Upaya yang kami lakukan saat ini adalah menggelar kursus pemilu yang tiap kelas diikuti 40 peserta dari berbagai kelompok masyarakat seperti mahasiswa, pekerja, dan organisasi massa,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Jumat (12/8/2016).

Ia mengharapkan kedepannya para peserta kegiatan kursus pemilu ini menjadi kelompok-kelompok di masyarakat yang memiliki inisiatif dalam rangka pengembangan pemilu. Selain kursus pemilu yang diselenggarakan di kabupaten/kota, jajaran KPU Jateng juga mengembangkan kelas-kelas demokrasi dan rumah-rumah pintar pemilu.

“Ke depan kami juga mencoba mengembangkan desa yang memiliki kepedulian khusus terhadap pemilu,” ujarnya.

Kendati demikian, KPU Jateng menghadapi kendala anggaran dalam upaya pengembangan komunitas peduli pemilu. “Syukur-syukur kami bisa mendapat anggaran dari pusat, kalau tidak kami akan mengajukan bantuan ke pemerintah daerah, meskipun tidak ada masalah jika tidak ada anggaran,” katanya.

Tujuh daerah di Jateng yang akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya