SOLOPOS.COM - Peresmian Rumah Joglo Pemilu di Kantor KPU Jateng. (Jatengprov.go.id)

KPU Jateng meresmikan Rumah Joglo Pemilu untuk meningkatkan kualitas partisipasi pemilu.

Semarangpos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) meresmikan Rumah Joglo Pemilu untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada masyarakat.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Rumah Joglo Pemilu ini untuk meningkatkan kualitas partisipasi pemilih [masyarakat] dan kualitas demokrasi [pemilu],” kata Ketua KPU Jawa Tengah (Jateng) Joko Purnomo di Semarang, Rabu (1/6/2016).

Rumah Joglo Pemilu yang berada lantai I  Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran Semarang terbuka untuk umum. Buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB untuk Sabtu-Minggu libur.

Joko lebih lanjut menyatakan, Rumah Joglo Pemilu memiliki empat ruang utama yang terbagi ruangan audio visual, sejarah pemilu, tahapan pemilu, dan tempat diskusi. Di ruang sejarah pemilu terdapat ribuan buku, kliping koran, dan dokumen pelaksanaan pemilu mulai 1995 sampai 2014 di Jateng, serta daftara nama-nama anggota DPRD Jateng.

“Masyarakat dan kalangan pelajar, mahasiswa bisa memanfaatkan Rumah Joglo Pemilu ini. Kami juga siap berdiskusi,” tandas mantan Ketua KPU Wonogiri ini.

Menurut Joko, pihaknya sangaja memilih menggunakan nama Rumah Joglo Pemilu dari pada rumah pintar seperti yang disarankan oleh KPU pusat. ”KPU pusat menginginkan agar diberi nama rumah pintar pemilu, tapi kami sepakat memilih Rumah Joglo Pemilu agar lebih jawani,” ungkapnya.

Untuk itu, imbuh dia, penataan ruangan juga disesuai dengan filosofi rumah adat Joglo yakni mulai depan ada pendapa, panggirit yang menghubungan pendapa dengan ruang dalam. Di ruang dalam dipisahkan menggunakan sketsel. Kemudian di dalam ada sentong, gandak tengen (kanan) dan gandak kiwo (kiri).

”Melalui Rumah Joglo Pemilu berharap kualitas pelaksanaan dan partisipasi pemilu di Jateng lebih baik,” harapnya.

Joko menambahkan peresmian Rumah Joglo Pemilu sengaja dilaksanakan pada 1 Juni, untuk memeringati momentum mantan Presiden Soekarno menyampaikan gagasan tentang Pancasila. ”Rumah Joglo Pemilu ini merupakan implementasi sila-sila Pancasilan,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya