SOLOPOS.COM - Ketua KPU Salatiga, Syaemuri (kanan) saat melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Laras Asri Salatiga, Selasa (24/1/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGAKomisi Pemilihan Umum (KPU) Salatiga secara resmi melantik 69 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Laras Asri, Selasa (24/1/2023). Satu di antara anggota PPS yang dilantik itu bernama Retno Nina Khoiriyah yang baru berusia 19 tahun.

Puluhan anggota PPS yang dilantik akan bertugas di 23 kelurahan di Kota Salatiga. Retno Nina Khoiriyah yang menjadi anggota PPS termuda bakal bertugas di PPS Kelurahan Kumpulrejo, Argomulyo, Salatiga. Nina mengaku ingin berkontribusi langsung saat Pemilu 2024.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Nina mengatakan ini merupakan kali pertama dirinya mengikuti pemilu sekaligus menjadi petugas pemilu. Setelah pelantikan ini dirinya akan segera melakukan program-program sesuai dengan arahan KPU Salatiga.

“Ini sudah ada WhatsApp Group (WAG) untuk koordinasi nanti sama anggota lain,” kata mahasiswa UIN Salatiga ini Selasa (24/1/2023).

Anggota Komisioner KPU Salatiga, Abdur Rohim, mengatakan setelah pelantikan ini anggota PPS akan langsung memiliki tugas membentuk pemuktahiran data pemilih (pamtarlih). Mereka akan bertugas selama 14 bulan.

“Pertama kali akan membentuk pamtarlih. Soalnya pamtarlih wewenangnya ada di TPS,” terang Rohim.

Diakuinya ada penambahan TPS di Kota Salatiga. Semula, KPU mendata akan ada 614 TPS. Setelah dilakukan pemetaan, ada tambahan menjadi 658 TPS.

“TPS sudah kami petakan sebanyak 657 plus 1 TPS khusus untuk lapas. Jadi totalnya 658 TPS,” jelasnya.

Dia mengatakan penambahan itu karena ada pertambahan jumlah penduduk. Selain itu juga aturan di tiap TPS hanya boleh sebanyak 300 pemilih tetap.

“Sehingga kami petakan kembali 657 TPS. Penambahan TPS merata di semua kecamatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya