SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom (kiri), memantau kedatangan 3.750 kotak suara di Gudang KPU Kota Semarang, Jumat (10/11/2023). (Solopos.com - Ria A aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), baru menerima 3.750 kotak suara, dari 23.262 kotak suara yang dibutuhkan untuk menggelar Pemilu 2024. Ke-3.750 kotak suara itu diterima KPU Kota Semarang pada Jumat (10/11/2023).

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, mengatakan pengiriman kali ini merupakan pengiriman tahap pertama dari total 23.262 kotak suara yang dibutuhkan oleh Kota Semarang. Sehingga, masih kurang 19.512 kotak yang nantinya akan dikirim lagi.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Nanti kekurangannya sebanyak 23.262 kotak suara akan dikirim secara bertahap. Saat ini, kami masih menunggu dari penyedianya. Memang mereka memproduksi terus untuk barang-barangnya,” ujar pria yang karib disapa Nanda itu, Jumat (10//11/2023).

Ia menjelaskan kotak suara yang dipakai pada Pemilu 2024 terbuat dari kertas jenis duplex yang tahan air. Sehingga menurutnya, kotak ini sudah teruji kualitasnya karena digunakan pada Pemilu 2019 yang lalu.

“Saya kira ini produksinya sama dengan 2019 dan dengan teknologi yang lebih baik yakni menggunakan kertas jenis duplex tahan air. Saya kira sudah teruji karena 2019 kita sudah pakai,” jelasnya.

Tahap selanjutnya, KPU Kota Semarang akan melakukan penyortiran kotak suara untuk memastikan kondisinya baik. Sementara, perakitan kotak suara akan dilakukan mendekati hari H dan menunggu kedatangan logistik lain berupa kabel ties.

“Perakitan kotak akan disegel menggunakan kabel ties. Tapi sekarang logistik berupa kabel ties belum tiba,” imbuhnya.

Ia menegaskan, logistik pemilu akan dijaga dengan baik di dalam gudang ini. Ia menyebut, gudang milik KPU sudah cukup memadai dari sisi keamanan sehingga logistik tetap aman

“Saat akan digunakan juga menunggu waktu yang pas menunggu kelengkapan yang lain,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya