SOLOPOS.COM - Warga Dusun Duren Sawit, Desa Banjaroyo, Kalibawang menerima dropping air bersih, Sabtu (30/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N/S)

Ilustrasi bantuan air bersih. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N/S)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG—Dua desa di Kabupaten Termanggung, Jawa Tengah, mengajukan bantuan air bersih.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kepala BPBD Temanggung, Agus Widod, menyebutkan dua desa yang mengajukan surat permintaan bantuan air bersih yakni Desa Rowobrebet dan Kartomargolelo di Kecamatan Kandangan. Ia mengatakan, pengajuan permintaan diterima BPBD ada akhir pekan ini.

Meskipun kedua desa tersebut telah mengajukan permintaan dropping air bersih, katanya, pihaknya tidak serta merta langsung memasok air bersih, karena sesuai aturan sebelum melakukan dropping air harus dilakukan survei terlebih dahulu.

“Aturannya memang seperti itu, kami survei terlebih dahulu, baru akan dilakukan ‘dropping’ jika daerah tersebut benar-benar membutuhkannnya,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (7/9/2014).

Ia menjelaskan, survei dilakukan untuk mengetahui kondisi desa yang sebenarnya, antara lain apakah desa tersebut sudah memiliki bak penampung untuk air bersih atau belum dan kelayakaan desa apakah sudah benar-benar sangat krisis air bersih.

“Kalau belum ada bak penampung, semampu mungkin kami akan usahakan agar dropping air yang dilakukan bisa bermanfaat sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Ia menuturkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah-daerah rawan kekeringan pada musim kemarau tahun ini, pihaknya telah menyiapkan 400 tangki air bersih.

“Kami perkirakan, 400 tangki air bersih ini cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah-daerah yang sering mengalami kekeringan pada musim kemarau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya