SOLOPOS.COM - Pelanggan tengah mengantre di Toko Kue Moachi Gemini Kentangan, Kota Semarang, Rabu (18/1/2023). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang di Jawa Tengah (Jateng) memang kaya akan aneka macam penganan atau jajanan khas. Pun demikian di kala menjelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2023, banyak jajanan khas Semarang yang menjadi buruan pelanggan, salah satunya adalah moci.

Di Semarang ada satu toko yang terkenal legendaris dalam pembuatan kue moci. Toko itu tak lain adalah Toko Moachi Gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat, Nomor 101, Suwunggaling, Kecamatan Semarang Barat.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Kue moci Gemini ini sekilas mirip seperti onde-onde, dengan bentuk bulat kecil yang ditaburi wijen. Kali pertama mencoba, tekstur kue ini terasa kenyal dan rasanya manis serta gurih dengan spektrum yang khas.

Cara penyajian dan pembuatanya pun tergolong cukup sedeharna, bahan-bahan yang digunakan untuk makanan berbahan dasar tepung ketan itu hanya dicampur dengan kacang tumbuk, gula atau karamel. Bila menghendaki rasa, ada varian dengan isian moaci seperti durian, stroberi, cokelat, pandan, talas, hingga wijen hitam.

Kendati sedeharna, keahlian si pemilik menjadi tantangan utama. Sebab, bila tak tepat cara memasak maupun perbandingan bumbu yang tidak presisi, maka kue ini akan terasa hambar.

“Kue moci Gemini ini sudah ada sejak 1980-an. Cara mempertahankan tentu tidak mudah. Harus menjaga kualitas, rasa, pembuatan, hingga pengemasan. Termasuk menjaga mental kaaryawan kami sampai ke tangan pembeli juga agar saat mencoba, pembeli masih ingat dengan apa yang kami sajikan,” kata pemilik Toko Kue Moci Gemini Kentangan, Pricillaa, saat ditemui Solopos.com di tokonya, Semarang, Rabu (18/1/2023).

Pricilla mengaku menjelang imlek, kue moci buatannya memang menjadi buruan pelanggan. Para pelanggan paling banyak memburu varian originial isi kacang tanah, cokelat, dan durian.

“Favorit [pembeli] masih original kacang. Pembeli juga enggak hanya dari Semarang, tapi ada yang dari Palu, Sulawesi, Jakarta juga ada. Bahkan dari luar negeri juga pernah. Mereka jauh-jauh ke sini karena kami tidak buka cabang di kota lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, meski masih sepekan menjelang Imlek, namun penjualan di Toko Kue Moachi Gemini Semarang sudah mengalami kenaikan hingga 70 persen. Hal itu dikarenakan meningkatnya jumlah pengunjung mencapai ratusan dalam sehari.

Sementara itu, seorang pembeli dari Jakarta, Clara (25), mengaku dengan sengaja datang ke Toko Moachi Gemini Semarang hanya untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga ayahnya di Semarang.

“Dari Jakarta. Kebetulan kan Minggu ini Imlek. Jaadi mampir ke sini buat beli oleh-oleh. Jujur, enggak pernah coba [toko] yang lain, karena paling enak menurut saya di sini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya