SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Magelang tahun ini diikuti oleh 330 peserta  KKN tematik. Mereka akan diterjunkan di empat kecamatan di Magelang  

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Sebanyak 330 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) menjalani program kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan keluarga di empat kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Panitia KKN Angkatan Ke-40 UMM Moehamad Aman di Magelang, Jumat (22/3/2015), mengatakan mereka terdiri atas 232 mahasiswa kelas reguler dan 98 mahasiswa paralel.

“Peserta KKN dibagi menjadi beberapa kelompok untuk selanjutnya disebar di empat kecamatan, yakni Windusari, Sawangan, Bandongan, dan Dukun di Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan sebelum turun ke lapangan untuk mengikuti program KKN Tematik Posdaya Angkatan Ke-40 itu, mereka menjalani pembekalan selama dua hari, 19-20 Maret 2015, di Gedung Auditorium Kampus 1 UMM.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMM Suliswiyadi mengatakan mereka yang mengikuti KKN harus sudah menempuh pendidikan dengan minimal menyelesaikan 120 satuan kredit semester dan indeks prestasi kumulatif minimal 2,25.

“Kegiatan KKN termasuk dalam kurikulum dan komponen mata kuliah. Wajib diikuti mahasiswa program sarjana strata 1 dengan beban tiga SKS,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan selama menjalani KKN, mahasiswa harus mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah dalam bentuk pengabdian secara langsung kepada masyarakat.

Selama dua hari menjalani pembekalan tersebut, katanya, peserta KKN mendapatkan materi, antara lain menyangkut pemberdayaan perempuan melalui kegiatan wirausaha, penurunan angka kesakitan dan kematian melalui pola hidup bersih dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya