SOLOPOS.COM - Pasar Semawis, Jl. Gang Warung, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jateng. (Instagram-@pemkot_semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Sejumlah kuliner enak tersaji di Pasar Semawis Semarang. Di tahun 2023 ini, kemeriahan tahun baru Tionghoa dipusatkan di Pasar Gang Baru.

Informasi tentang Pasar Semawis Semarang dapat diperoleh dengan mudah di berbagai media sosial (medsos). Salah satunya di Youtube.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Channel Defal Trip pernah menggunggah video tentang Pasar Semawis Semarang. Saat ditengok Solopos.com, Senin (23/1/2023), video berdurasi 10 menit 46 detik itu telah ditonton 4.618 kali. Video itu diunggah 6 April 2020.

Dalam keterangannya disebutkan salah satu hal yang menjadi daya tarik Kota Semarang adalah kulinernya. Kuliner Malam di Pasar Semawis Semarang berada di kawasan Pecinan Kota Semarang. Banyak ditemukan jenis kuliner di lokasi ini.

Di antara kuliner di Pasar Semawis Semarang yang diburu para pengunjung, seperti nasi goreng babat, pisang plenet khas Semarang, corn dog full mozarella, dan lainnya.

Dilansir dari id.wikipedia.org, Pasar Semawis atau Pasar Malam Semawis atau dikenal juga sebagai Waroeng Semawis merupakan pasar yang digelar di kawasan Pecinan Semarang. Munculnya Pasar Semawis terkait erat dengan diresmikannya Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional di Indonesia sejak 2004.

Munculnya Pasar Semawis bermula diadakannya Pasar Imlek Semawis tahun 2005. Pasar ini digelar setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Lahirnya pusat kulineran ini digagas Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis).

Setiap pengunjung dapat menemukan kuliner khas Semarang saat berada di Pasar Semawis. Aneka makanan/minuman dan jajanan khas Semarangan, seperti soto, tahu gimbal, nasi ayam, lumpia, pisang plenet khas Semarang, es puter, kue serabi, dan bubur kacang.

Ada juga berbagai menu steamboat. Pusat jajanan terpanjang di Semarang ini digelar mulai pukul 18.00 WIB hingga tengah malam.

Demikian tadi kuliner enak di Pasar Semawis Semarang. Sebagaimana diketahui, dibukanya Pasar Imlek Semawis pada Jumat (20/1/2023) malam menandai kemeriahan perayaan Imlek 2023 di Kota Semarang. Kali ini kemeriahan tahun baru Tionghoa dipusatkan di Pasar Gang Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya