SOLOPOS.COM - Bupati Semarang Ngesti Nugraha (tengah) saat mengunjungi destinasi wisata libur tahun baru Minggu (1/1/2023). (Istimewa/Humas Pemkab Semarang)

Solopos.com, SEMARANG–Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Semarang Heru Subroto memperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke tujuan wisata pada 2023 akan kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Bahkan akan melebihi jumlah kunjungan pada 2019 lalu itu.

“Selain jumlah kasus aktif Covid-19 secara nasional maupun regional terus menurun, juga ada beberapa objek wisata baru yang menarik,” ujar dia disela-sela mendampingi Bupati Ngesti Nugraha memantau kunjungan wisatawan di Taman Saloka, Tuntang, Minggu (1/1/2023) pagi.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Heru menambahkan kunjungan wisatawan baik mancanegara dan nusantara sepanjang 2022 mengalami kecenderungan naik.

Pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung destinasi wisata sebanyak 3.510.280 orang. Jumlah itu terus menurun sampai 2021 lalu yakni sekitar 1,451 juta orang. Baru pada 2022, sampai September, merangkak naik menjadi 1.817.979 orang.

Sedangkan khusus kunjungan wisatawan ke objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Semarang juga menunjukkan tren meningkat.

Sampai dengan triwulan ketiga 2022, ada sekitar 2.000 wisatawan yang berkunjung ke Candi Gedongsongo, Pemandian Muncul, Bukit Cinta, Museum Palagan dan Muncul Water Park.

Jumlah itu meningkat dibandingkan di masa pandemi yakni 1.400 orang-1.600 orang.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha memantau situasi liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di beberapa lokasi wisata, antara lain di Saloka dan Dusun Semilir, Bawen.

Didampingi Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA dan pimpinan OPD terkait, Bupati juga meninjau dua pos pengamanan dan pelayanan Polres Semarang di Rest Area 429 Jalan Tol Semarang-Solo dan di Pertigaan Simpang Bawen.

Bupati dan Kapolres juga menyempatkan memberikan bingkisan kepada perwakilan petugas jaga.

“Terima kasih atas kerja keras dan dukungannya melayani masyarakat. Tetap semangat dan jaga protokol Kesehatan,” katanya kepada para petugas dan pengelola tempat wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya