SOLOPOS.COM - Kupat Glabed Tegal. (Istimewa/Instagram @about.tegal)

Solopos.com, TEGALTegal merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki ciri khas makanan yang berkuah gurih dan segar. Salah satunya, kupat glabed ini yang memiliki kuah berwarna kuning seperti opor, namun teksturnya lebih kental.

Istilah glabed sendiri merupakan sebutan warga Tegal untuk makanan yang memiliki tekstur kuah yang kental dan lengket. Hal yang membuat lebih segar adalah dari kuah sambal yang begitu khas. Setelah mencobanya, Anda akan dibuat ketagihan karena dengan kuah yang kental akan terasa gurih sekali di mulut.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Tertarik mencobanya? Berikut kami sajikan resep kupat glabed khas Tegal yang bisa Anda coba di rumah, dilansir dari cookpad.com.

Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yang terdiri dari 5 buah ketupat, 1/2 papan tempe, potong memanjang, 1/2 buah bawang bombai cincang, dan 1 batang sereh geprek.

Untuk bumbu halus kuning, siapkan 1/2 buah bawang bombai, 5 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 1 cm kencur, 1 ruas kunyit, 1 liter air, 200 ml santan instan, 1 sdt garam, 2 sdt gula pasir, dan 2-3 sdm minyak goreng.

Siapkan juga bumbu halus merah atau bumbu sambal yang terdiri atas 5 buah cabai merah besar rebus, 7 bawang merah, 3 bawang putih, 2 ruas lengkuas, 1 tomat merah, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, 1/2 sdt gula merah, 250 ml air, serta 3 sdm minyak goreng.

Sedangkan cara membuatnya, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Tumis bumbu halus kuning, sereh, dan bawang bombai cincang, sampai harum dan matang.

2. Masukkan tempe lalu campur rata.

3. Masukkan santan, gula, dan garam. Masak dengan api kecil selama 15-30 menit. Pastikan diaduk terus agar santan tidak pecah.

4. Sementara itu, tumis bumbu halus merah dengan minyak selama 5-7 menit dengan api sedang.

5. Tambahkan air, lalu masak dengan api kecil selama 30-45 menit hingga minyak mengapung dan warna berubah lebih gelap.

6. Lantaran glabed berarti nempel/menyelimuri lidah, maka diberikan tepung beras agar mengental.

7. Untuk penyajiannya, potong ketupat beri kuah kuning ketupat ditambah 1 sdm bumbu merah. Lalu tambahkan juga kerupuk kuning dan satai kerang di atasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya