SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerangan jalan umum (JIB/Bisnis/Rachman)

ampu penerangan jalan umum (PJU) di Area Kudus jumlah tunggakannya semakin berkurang, meskipun masih ada pemda yang menunggak.

Kanalsemarang.com, KUDUS – Jumlah tunggakan tagihan listrik lampu penerangan jalan umum (PJU) di wilayah PLN Area Kudus, Jawa Tengah, mulai berkurang, meskipun masih ada pemerintah daerah yang terlambat membayar, kata juru bicara PT PLN Area Kudus Arif Noryadi.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Mayoritas pemerintah daerah di wilayah PLN Area Kudus yang meliputi lima kabupaten kedisiplinan dalam membayar tagihan listrik untuk lampu PJU berangsur membaik,” ujarnya di Kudus, Minggu.

Sebelumnya, kata dia, kabupaten yang sering terlambat membayar tagihan listrik lampu PJU, yakni Kabupaten Kudus dan Rembang.

Akan tetapi, kata dia, akhir-akhir ini keduanya mulai disiplin dalam membayar tagihan listrik untuk lampu PJU.

Berdasarkan data pembayaran lampu PJU Januari hingga Mei 2015, kata dia, terdapat dua kabupaten yang masih terlambat membayar, sedangkan pembayarannya maksimal pada tanggal 20 setiap bulannya.

Kedua kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Rembang dan Kudus yang sama-sama untuk tagihan Januari.

Untuk pembayaran bulan berikutnya, Pemerintah Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Rembang, dan Blora cenderung disiplin meskipun ada pembayaran yang belum dilunasi sesuai tagihan.

“Harapannya, semua kabupaten di wilayah PLN Area Kudus bersedia membayarkan tagihan listrik untuk lampu PJU tepat waktu,” ujarnya.

PLN dalam menyetorkan uang tagihan lampu PJU yang dibayarkan pelanggan, kata dia, selama ini selalu tepat waktu.

Upaya menekan tunggakan tagihan listrik untuk lampu PJU, salah satunya ditempuh PLN lewat pendekatan kepada masing-masing pemerintah daerah setempat melalui PLN rayon setempat.

“Biasanya masing-masing rayon menggelar pertandingan persahabatan pada cabang olah raga tertentu sesuai hobi dari masing-masing pejabat di lingkungan pemda setempat atau menggelar latihan rutin bersama,” ujarnya.

Di wilayah PLN Area Kudus, terdapat delapan rayon, di antaranya PT PLN Rayon Kudus Kota, Jepara, Bangsri, Pati, Juwana, Rembang, Cepu, dan Blora.

Dari delapan rayon tersebut, tagihan dari masing-masing pemkab bervariasi antara belasan juta per bulan hingga ratusan juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya