SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi penipuan Internet (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi penipuan Internet (JIBI/Solopos/Dok.)

Layanan internet di desa jadi perhatian serius pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo resmikan Desa Cyber di Tretep, Campurejo, Pegunungan Prau, Temanggung 

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meluncurkan Desa Cyber Campurejo di Pegunungan Perahu, Tretep Kabupaten Temanggung, Kamis (22/1/2015).

Ganjar mengatakan belum banyak desa yang berani mendeklarsaikan seperti ini, masyarakatnya dengan mudah memanfaatkan internet secara gratis.

“Memang banyak yang mengaku sudah menggunakan teknologi informasi, tetapi setelah dicek ternyata masih off line,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia berharap bisa di-online-kan sehingga seluruh perencanaan desa bisa ditampilkan dan rakyat dapat melihatnya.

“Melalui online tersebut rakyat bisa melakukan koreksi dengan cara mereka proaktif membuka website desa mereka,” katanya.

Gubernur berharap peluncuran desa cyber di Desa Campurejo ini bisa menular pada desa-desa yang lain.

Kepala Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Agus Setyawan mengatakan setelah melihatan perkembangan teknologi informasi dan masyarakat juga merespon dengan baik maka pemerintah desa harus memfasilitasi apa yang dilakukan masyarakat dengan penyediaan wi-fi hot spot untuk masyarakat.

“Saya pikir hal ini juga salah satu pelayanan pemerintah daerah terhadap rakyatnya,” katanya.

Ia menuturkan dengan adanya hot spot ini masyarakat bisa berhemat, yang semula membeli pulsa sekarang tidak membeli lagi.

Menurut dia yang lebih penting lagi adalah masyarakat bisa melihat perkembangan dunia luar, bisa saling tukar infornmasi dan bagimana potensi alam di Campurejo ini bisa terangkat.

Ia mengatakan dari enam dusun di Desa Campurejo, yakni Krajan, Gondang, Balong, Pringwulu, Sarangan, dan Pringlegi, baru tiga dusun yang bisa menikmati layanan internet gratis meliputi Krajan, Gondang, dan Balong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya