SOLOPOS.COM - KERETA API INDONESIA (FOTO/Dok)

KERETA API INDONESIA (FOTO/Dok)

Layanan kereta api di Daop V Jateng bukan hanya untuk para penumpang. PT KAI Daop V siap menampung limpahan angkutan semen dari jalan raya 

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

 

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO—Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah, siap menampung limpahan angkutan semen dari jalan raya jika program pengalihan angkutan semen dari truk ke kereta api dijalankan.

“Kami siap menerima limpahan angkutan semen dari jalan raya, baik yang berangkat ke daerah lain maupun yang datang dari daerah lain. Untuk itu, di samping kesiapan sarana meliputi gerbong dan lokomotif, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menawarkan beberapa titik stasiun yang cukup strategis untuk angkutan semen,” kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono seperti dikutip Antara, Kamis (29/1/2015).

Menurut dia, di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto terdapat empat stasiun yang memenuhi kriteria untuk angkutan semen, seperti ketersediaan lahan yang luas untuk area bongkar muat maupun gudang dan kemudahan akses jalan raya kelas I.

Ia mengatakan bahwa empat stasiun itu terdiri atas Stasiun Purworejo, Stasiun Randegan, Stasiun Notog, dan Stasiun Prupuk. Misalnya, Stasiun Purworejo sangat strategis untuk dijadikan tujuan angkutan semen, baik dari Jawa Barat maupun Jawa Timur.

“Stasiun yang selama lima tahun terakhir tidak dioperasikan ini masih memiliki lahan seluas lebih dari 100.000 meter persegi dan bisa dijadikan sebagai pusat distribusi semen untuk Kabupaten Purworejo, Magelang, maupun Kebumen,” katanya.

Selain Stasiun Purworejo, kata dia, Stasiun Randegan yang memiliki lahan seluas 58.000 meter persegi dan Stasiun Notog dengan luas lahan 65.000 meter persegi sangat strategis untuk mendistribusikan semen ke Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga.

Sementara itu, Stasiun Prupuk dengan luas lahan 100.000 meter persegi, lanjut dia, sangat strategis untuk mendistribusikan semen ke Kabupaten Brebes dan Tegal bagian selatan.

Terkait dengan ketersediaan sarana, dia mengatakan bahwa saat ini sudah tidak menjadi permasalahan bagi PT KAI karena jumlah lokomotif dan armada gerbong yang ada telah mencukupi kebutuhan.

“Bahkan, PT KAI akan mendatangkan 50 lokomotif lagi pada tahun 2015 untuk memperkuat angkutan barang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya