SOLOPOS.COM - Keluarga narapidana saat mengunjungi keluarganya di Rutan Polres Salatiga pada momen lebaran Minggu (23/4/2023). (Istimewa/Dok Polres Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA –Sejumlah tahanan di Rutan Polres Salatiga dikunjungi keluarga pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sebanyak belasan keluarga datang ke ruang tahanan Mapolres Salatiga untuk mengunjungi saudaranya yang sedang menjalani masa tahanan.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Kasi Humas Polres Salatiga, Iptu Henri Widyoriani, menyampaikan momen Lebaran kali ini Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan memberikan izin kepada keluarga tahanan untuk mengunjungi keluarganya yang berada di Rutan.

Setiap keluarga di berikan waktu selama 10 menit secara bergantian. Hal tersebut dilakukan karena rasa kemanusiaan dan empati, mengingat momen Lebaran adalah saat yang dinantikan untuk berkumpul dengan keluarga.

“Karena harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sehingga para tahanan ini hanya bisa merayakan Idul Fitri di ruang tahanan. Oleh karena itu, Kapolres Salatiga memberikan kesempatan kepada keluarga para tahanan untuk berkunjung dan silaturahmi di hari Lebaran ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Iptu Henri Minggu (23/4/2023).

Kegiatan berkunjung di Rutan Polres Salatiga itu juga diawasi oleh Propam Polres Salatiga dan Sat Tahti. Sebelum memasuki ruang tahanan, petuga memeriksa barang bawaan keluarga yang berkunjung guna mencegah sesuatu yang dilarang ataupun sesuatu yang membahayakan dibawa masuk.

Dihubungi terpisah, AKBP Feria Kurniawan mengatakan izin kunjungan tersebut dapat dimanfaatkan keluarga tahanan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Ia juga berharap momen ini dijadikan pembelajaran agar tidak mengulangi lagi tindak pidana, yang tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga orang lain, termasuk keluarga. 

“Lebaran yang seharusnya dirayakan dengan seluruh keluarga besar, namun harus tetap berada di Rutan Polres Salatiga untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya