SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kelenteng Sam Poo Kong. (djkn.kemenkeu.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Menyambut Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China, tidak ada salahnya jika mengetahui beberapa kelenteng yang ada di Jawa Tengah (Jateng). Apalagi, selama ini Jawa Tengah (Jateng) dikenal sebagai salah satu tempat yang menjadi penyebaran budaya Tionghoa di Nusantara.

Sebagai daerah yang cukup kental dengan budaya Tionghoa, Jateng pun banyak berdiri kelenteng sebagai tempat peribadatan umat Tri Dharma. Berikut beberapa kelenteng di Jateng yang terkenal cukup legendaris:

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

1. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng ini terletak di Simongan, kota Semarang, Jawa Tengah. Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, Sabtu (21/1/2023), Kelenteng Sam Poo Kong dulunya merupakan sebuah gua yang menjadi tempat peristirahatan Laksamana Ceng Ho saat berlayar. Selama berada di wilayah Simongan, Laksamana Ceng Ho mengajarkan banyak hal kepada warga setempat, seperti bercocok tanam, membangun rumah, dan lain-lain.

Inilah mengapa masyarakat Simongan menghormati Laksamana Ceng Ho meskipun dia seorang Muslim. Belakangan, di tempat ini dibangun sebuah kelenteng dengan patung Laksamana Ceng Ho untuk menunjukkan rasa hormat kepadanya. Kawasan kelenteng Sam Poo Kong memiliki area yang cukup luas, bangunannya memiliki warna utama merah dan kental dengan karakter oriental. Kelenteng ini terbuka untuk umum kecuali beberapa ruangan yang digunakan khusus untuk tempat ibadah.

2. Kelenteng Liong Hok Bio

Selain terkenal memiliki candi Borobudur yang melegenda, Magelang juga memiliki destinasi wisata religi yang tak kalah menarik yaitu Kelenteng Liong Hok Bio. Selain sebagai objek wisata, kelenteng ini juga aktif digunakan sebagai tempat berbagai jenis kegiatan, seperti saat perayaan Imlek, kelenteng ini sering digunakan sebagai tempat pembagian sembako dan juga barang gratis. Jika tertarik datang ke sini, Kelenteng Liong Hok Bio terletak di sekitar Alun-alun Magelang. Lebih menarik lagi jika Anda datang ke sini saat sore hari, sambil menikmati keindahan lampion di Kelenteng Liong Hok Bio.

3. Kelenteng Tay Kak Sie

Kelenteng Tay Kak Sie terletak di Jalan Gang Lombok tepatnya di Pecinan. Bangunan ini sangat monumental dengan arsitekturnya yang khas dan berbagai dekorasi yang berhubungan dengan kepercayaan Buddha, Tao dan Konghucu atau konfusianisme seperti naga dan patung yang semakin menambah nuansa religius dan oriental dari kelenteng ini. Di luar kelenteng, terdapat bangunan berbentuk perahu, meniru kapal Laksamana Ceng Ho yang digunakan untuk berlayar. Terkadang di Kuil Tay Kak Sie, berbagai kegiatan diselenggarakan dengan partisipasi tidak hanya dari orang Tionghoa tetapi juga oleh wisatawan dari berbagai etnis.

4. Kelenteng Welahan

Kelenteng Welahan terletak di Desa Welahan, Jepara, Jawa Tengah. Kelenteng ini konon dibangun oleh seorang Tionghoa bernama Tan Siang Hie dan saudaranya bernama Tan Siang Djie. Sekarang bangunan ini terbuka untuk umum, baik sebagai objek wisata maupun tempat pemujaan. Tidak hanya pengunjung kelenteng yang berasal dari Tionghoa, tetapi sebagian besar dari mereka datang ke sini untuk mengunjungi dan mengagumi keindahan Klenteng Welahan.

5. Kelenteng Cu An Kiong

Kelenteng Cu An Kiong, meski sudah berusia ratusan tahun, tetap memancarkan kekokohan. Tidak ada catatan pasti tanggal pembangunan kelenteng ini. Klenteng ini berada Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Penjarahan yang dilakukan tentara Belanda pada masa kolonial disebut-sebut sebagai penyebab hilangnya bukti sejarah. Meskipun telah direnovasi, ruang utama tidak diubah. Dinding kelenteng yang terkesan kental dengan arsitektur bangunan kuno, kerap menjadi fokus pujian setiap pengunjung yang berkunjung.

Selain itu, bangunannya juga dibedakan dengan detail dekoratif pada bagian atap. Sebagai simbol berbaurnya Tionghoa dan pribumi. Setiap hari jadi Thian Siang Seng, yang merupakan hari jadi klenteng, yaitu tanggal 23 bulan ketiga lunar, kelenteng akan mengadakan rangkaian pertunjukan wayang kulit, klonengan dan gamelan.

kelenteng di jateng
Kelenteng Cu An Kiong di Lasem, Rembang. (visitjawateng.jatengprov.go.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya