SOLOPOS.COM - Ilustrasi sirkuit balap. (Freepik.com)

Solopos.com, PATI — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk membangun sirkuit balap. Usulan itu disampaikan guna menyikapi maraknya aksi balap liar di Kabupaten Pati.

Usulan pembangunan sirkuit balap itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Pati, Muslimah, saat membacakan hasil reses DPRD Kabupaten Pati dalam Rapat Paripurna, Senin (6/6/2022). Menurutnya, sirkuit itu sangat dibutuhkan agar aksi balap liar tidak ada lagi di Pati.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Supaya dibuatkan sirkuit di Kabupaten Pati untuk meminimalisasi terjadinya balap liar,” ujar Muslimah dihadapan anggota DPRD lain dan Bupati Pati, Haryanto, seperti dikutip dari Murianews.com, Selasa (7/6/2022).

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin, mengatakan usulan pembangunan sirkuit balap itu merupakan hasil penyerapan aspirasi dari masyarakat kepada para legislator. Sebagai wakil rakyat, DPRD Pati pun perlu menyampaikan usulan tersebut kepada pihak eksekutif, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

“Ini menjadi masukan untuk eksekutif dan ini juga aspirasi dari masyarakat kepada kami. Tentunya kami sampaikan dalam Paripurna ini,” imbuh Ali.

Baca juga: Sirkuit Balap Bakal Dibangun di Gunungkidul, Seperti di Mandalika?

Pihaknya pun siap mengawal usulan tersebut. Kendati demikian, DPRD Pati tidak berharap terlalu banyak usulan itu bisa segera terealisasi. Hal itu dikarenakan pembangunan sirkuit balap akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Nanti kita akan mengawal. Tapi kita juga pertimbangkan APBD Pati 2023. Untuk menampung balapan liar. Kita berjuang untuk kebaikan masyarakat Kabupaten Pati. Tetapi kita juga melihat keuangan daerah,” tandas Ali.

Sekadar informasi, pada bulan puasa atau Ramadan kemarin, aksi balap liar di Kabupaten Pati tergolong marak. Puluhan pemuda bahkan melakukan aksi balap liar di sejumlah tempat menjelang waktu berbuka puasa. Salah satu lokasi yang kerap dijadikan arena balap liar di Pati adalah Jalan Bareng-Sukolilo, yang ada di wilayah Desa Kasiyan hingga Desa Gadudero, Kecamatan Sukolilo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya