SOLOPOS.COM - Durian Kaligesing, varietas unggulan dari tanah Kaligesing, Purworejo. (Istimewa/Instagram @arda_p_masdani)

Solopos.com, PURWOREJO — Kabupaten Purworejo dengan segala pesonanya telah memperoleh reputasi istimewa sebagai salah satu pusat durian terkemuka di Indonesia.

Beberapa kecamatan di Purworejo memainkan peran kunci dalam produksi buah durian, seperti Kecamatan Kaligesing, Kecamatan Bruno, Kecamatan Bener, dan Kecamatan Loano.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Popularitas Purworejo sebagai sentra durian tidak lepas dari karakteristik buah durian itu sendiri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tiga jenis durian unggulan yang berasal dari Kota Pejuang.

1. Durian Sikatap

Jenis durian yang satu ini telah berhasil mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pertanian pada tahun 2019. Memiliki pohon induk di Desa Kalitapas, Kecamatan Bener, pohon ini tumbuh subur dan menghasilkan salah satu varietas durian unggulan.

Pembeda Durian Sikatap dengan yang lain adalah warna dagingnya yang kekuningan, memberikan kesan menggoda. Durian ini juga dikenal memiliki biji yang pipih atau bahkan dalam beberapa kasus tanpa biji sama sekali.

Kombinasi rasa manis dan pahit dalam setiap gigitan durian menciptakan sensasi di lidah penikmatnya. Tekstur daging durian yang lembut semakin menambah kenikmatan dalam menyantap buah ini.

2. Durian Pithi

Dalam bahasa Jawa, kata pithi biasanya merujuk pada benda-benda kecil. Kesamaan ini tercermin dalam varietas durian bernama Durian Pithi yang dikenal dengan ukurannya yang mini.

Namun, jangan biarkan ukurannya menipu Anda. Meskipun kecil, kualitas dan cita rasa buah ini tetap maksimal. Ukurannya yang kecil tak menghalanginya untuk menampung daging buah yang tebal dan berisi.

Berpadu dengan cita rasa manis dan pahit menambah keistimewaan dalam menyantap durian. Dengan segala keunikannya, varietas ini telah berhasil menarik perhatian banyak kalangan, terutama pecinta durian.

3. Durian Kaligesing

Sesuai dengan namanya, durian ini menjadi varietas unggulan yang tumbuh subur di wilayah Kecamatan Kaligesing. Mayoritas penduduk di Kecamatan Kaligesing berprofesi sebagai petani durian dengan membudidayakan Durian Kaligesing.

Salah satu ciri khas Durian Kaligesing adalah tekstur daging buahnya yang tebal dan kesat. Sama halnya dengan dua durian di atas, Durian Kaligesing memiliki cita rasa fenomenal perpaduan legit dan pahit. Aromanya yang khas dan menusuk telah menjadikan varietas ini mudah dikenali oleh para pecinta durian.

Setiap kali masa panen tiba, Durian Kaligesing menjadi sasaran serbuan oleh para pencinta durian. Kualitas dan cita rasa yang ditawarkan membuatnya menjadi incaran yang tidak bisa dilewatkan saat buah matang dan siap dipanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya