SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji kompetensi dalam rangka lelang jabatan. (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Lelang untuk mengisi jabatan kepala empat organisasi perangkat daerah di Pemkot Semarang diklaim Wali Kota Hendrar Prihadi ramai peminati.

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mensyukuri proses lelang jabatan pengisian posisi empat kepala dinas di lingkup pemerintahan yang dipimpinnya karena banyak diminati. “Alhamdulillah, di Kota Semarang rekrutmen organisasi perangkat daerah [OPD] untuk empat jabatan yang dilelangkan berhasil dengan lancar. Artinya, tahap pertama,” katanya di Semarang, Selasa (25/4/2017).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Kalau di daerah-daerah lain, kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, para pendaftar lelang jabatan masih malu-malu kucing. Namun, tidak demikian halnya dengan lelang jabatan OPD di Kota Semarang. Keempat jabatan yang dilelangkan itu, yakni Kepala Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian, Dinas Ketahanan Pangan, serta Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Semarang.

“Di tempat kami, semuanya dari empat posisi itu memenuhi syarat. Ada yang jumlahnya [pendaftar] per OPD sebanyak 12 orang, 18 orang,” kata orang nomor satu di Kota Semarang tersebut.

Paling kecil jumlah pendaftarnya, kata dia, di Diskominfo dan Persandian Kota Semarang yang hanya ada empat pendaftar, tetapi sudah memenuhi persyaratan untuk dilakukan lelang jabatan. “Kemarin, tahapan administrasi sudah diumumkan. Kalau tidak salah pada 26-27 April 2017 tahapannya pembuatan makalah atau resume mengenai kreativitas masing-masing calon,” katanya.

Artinya, kata dia, para pendaftar harus menyusun makalah mengenai kreativitasnya dalam membangun Kota Semarang di OPD yang kelak akan dipimpinnya dan merupakan salah satu syarat penting. “Setelah itu, pada 3 Mei 2017 akan dilakukan wawancara oleh tim panitia seleksi. Kemudian, pansel akan merangkum semua nilai, mulai potensi akademik, penyusunan makalah, hingga wawancara,” katanya.

Dari penilaian itu, kata dia, akan diperingkatkan dari nilai tertinggi ke terendah untuk diambil tiga besar di masing-masing OPD, kemudian diserahkan ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang. “Dari peringkat tiga besar ini akan diserahkan ke saya dan Mbak Ita [wakil wali kota] untuk wawancara, pemantapan. Targetnya, Juni nanti sudah akan tahu hasilnya [lelang jabatan],” kata Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya