SOLOPOS.COM - Flyer Festival Gunung Slamet #6 yang digelar, Jumat-Minggu (28-30/7/2023). (Istimewa/Instagram @gunungslametfestival)

Solopos.com, PURBALINGGA — Salah satu keindahan alam yang memesona di Kabupaten Purbalingga, yakni Gunung Slamet. Di kaki gunung tersebut terdapat Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’las) yang sering dikunjungi wisatawan.

Selain menyuguhkan pesona alam yang memesona, desa wisata ini juga menghadirkan Festival Gunung Slamet. Dilansir oleh laman website jatengprov.go.id pada Selasa (1/8/2023), Festival Gunung Slamet (FGS) pertama kali digelar tahun 2015. Di tahun 2023 ini menjadi tahun ke-6 Festival Gunung Slamet.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Festival ini betujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi sekaligus mempertahankan serta mempromosikan kearifan lokal. Festival yang diadakan setiap tahun ini dilaksanakan melalui serangkaian acara yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

Berdasar unggahan pada akun Instagram @gunungslametfestival, festival yang diselenggarakan selama tiga hari ini mengadakan serangkaian acara, mulai dari pentas seni di desa wisata Kabupaten Purbalingga dan Serang Berselawat di hari pertama.

Di hari kedua, berlangsung pawai budaya pengambilan air dari Tuk Sikopyah, pawai gunungan hasil bumi, dan akustik kabut lembut. Hari ketiga alias di puncak acara ditutup dengan perang tomat.

Dilansir oleh laman website jadesta.kemenparekraf.go.id, pengambilan air Tuk Sikopyah menjadi bagian penting sebagai upaya melestarikan budaya kuno di lereng Gunung Slamet.

Acara itu diikuti sekira 777 orang yang berbaris membawa lodong atau bambu yang sudah dibentuk yang digunakan untuk prosesi pengambilan air suci dari mata air Sikopyah. Selanjutnya air tersebut disemayamkan di Balai Desa Serang sebelum dibagikan kepada masyarakat dalam acara Ruwat Bumi.

Tak hanya menghidupkan dan melestarikan budaya tradisi, Festival Gunung Slamet juga memberikan dampak positif bagi perekonomian setempat. Ratusan bahkan ribuan wisatawan dari berbagai daerah datang untuk menyaksikan dan ikut berpartisipasi dalam festival ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya