SOLOPOS.COM - Botok Keong, kuliner khas di Pekalongan. (Istimewa/Instagram @dapoerjoglocantik)

Solopos.com, PEKALONGANKeong sawah atau yang lebih dikenal dengan nama tutut ini biasanya dianggap sebagai hama di pertanian. Namun siapa sangka, keong sawah malah jadi bahan makanan yang unik dan lezat di Pekalongan.

Diolah dari berbagai sumber, keong sawah ternyata tidak hanya lezat. Jika dimasak dengan tepat, keong sawah ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, lo!

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Mengandung protein tinggi, rendah lemak, hingga bemanfaat untuk membantu menutrisi otak agar mampu bekerja dengan baik. Kuliner keong sawah cocok dijadikan pilihan makanan sehat nan bergizi.

Masakan khas Pekalongan yang menggunakan keong sawah sebagai bahan utama menggugah selera adalah hidangan botok. Nama botok keong sawah telah fenomenal di kalangan pecinta kuliner.

Sebelum diolah menjadi sebuah hidangan, keong sawah harus dicuci dan di rendam dengan air bersih terlebih dahulu. Selain itu, cangkang keong sawah juga harus dibersihkan hingga tidak ada lendir, kotoran, atau lumpur yang menempel di cangkangnya.

Kuliner ini biasanya diolah dengan menggunakan kuah gurih dan pedas sehingga menciptakan keunikan rasa yang gurih, berteksur lembut, dan aroma yang khas. Olahan ini membuat botok keong sawah menjadi hidangan yang digandrungi pecinta kuliner, khususnya masyarakat lokal Pekalongan.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Pekalongan, wajib untuk mencoba hidangan botok keong. Kuliner botok keong ini banyak dijumpai di kalangan penjual pecel Pekalongan.

Dijual dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menikmati makanan khas Pekalongan yang memanjakan lidah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya