SOLOPOS.COM - Situasi Stasiun Tawang Semarang saat libur Iduladha. (KAI Daop 4)

Solopos.com, SEMARANG – KAI Daop 4 Semarang menyiapkan sekitar 98.208 tempat duduk kereta api atau 16.368 tempat duduk per hari selama masa libur Iduladha 1445 Hijriah mulai Kamis-Selasa (13-18/6/2024).

Selama masa libur itu, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan KA dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 33 perjalanan KA regulir ke berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Solo, Madiun, Jember hingga Banyuwangi. Selain itu, KAI Daop 4 Semarang juga menyiapkan dua perjalanan KA tambahan yakni KA Kaligung relasi Semarang Poncol-Tegal dan KA Kaligung relasi Tegal-Semarang Poncol. Jumlaah itu belum termasuk 49 KA penumpang yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang per hari.

Promosi Waspada QRIS Palsu, BRI Imbau Jaga Keamanan Transaksi Lewat BRIMerchant

Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikan bagi masyarakat yang ingin memiliki tiket kereta api selama libur Iduladha bisa membelinya melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, maupun channel penjualan tiket lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Berdasarkan pantauan pada hari ini Rabu (12/6/2024) pukul 09.00 WIB jumlah tiket kereta api yang terjual pada periode libur Hari Raya Iduladha di wilayah Daop 4 Semarang mencapai 60.449 tiket atau rata-rata 10.075 tiket per harinya.

“Prediksi penumpang naik tertinggi akan terjadi pada hari Sabtu [15/6/2024] dan Selasa [18/6/2024] di mana sebanyak lebih dari 22.000 penumpang akan naik menggunakan kereta api di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai kota tujuan di pulau Jawa,” jelas Franoto.

Sedangkan untuk keterisian tempat duduk pada Kamis (13/6/2024) hingga Selasa (18/6/2024) sudah terisi 61% dari total tempat duduk yang disediakan. “KAI mengajak masyarakat dapat segera merencanakan perjalanannya pada masa libur Hari Raya Iduladha, karena tiket kereta api pada periode tersebut masih cukup banyak tersedia,” pesan Franoto.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa libur Hari Raya Iduladha ini, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan . Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kerabat dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” jelas Franoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya