SOLOPOS.COM - Illustrasi destinasi wisata Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menargetkan jumlah wisatawan pada Desember atau libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) ini bisa mencapai 5.268.859 orang.

Dari jutaan orang yang berkunjung, pihaknya memprediksi destinasi wisata Kota Lama Semarang masih bakal menempati urutan pertama wisata favorid di Jateng.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Endro Wicaksana, mengatakan momen libur Natal dan Tahun Baru ini bakal meningkatkan perekonomian di Jateng.

Sebab, daya beli masyarakat akan meningkat karena banyak yang berpergian bersama teman hingga keluarga.

“Target (wisatawan Nataru) Desember 2023 ini naik 21,5 persen dari tahun sebelumnya (Nataru 2022/2023) yang mencapai 4.335.915 orang (pada Desember),” ucap Endro kepada Solopos.com, Kamis (14/12/2023).

Terkait top lima destinasi wisata kunjungan selama Nataru dari tahun ke tahun, Endro menyampaikan ada di Kota Lama Semarang, Candri Prambanan Klaten, Candi Borobudur Magelang, Lawang Sewu Semarang, dan Owabong Purbalingga.

Kota Lama menjadi favorid lantaran wisatawan tak perlu mengeluarkan biaya ketika berkunjung alias gratis.

Tak hanya top lima destinasi favorit, adapun destinasi wisata alam, buatan, budaya dan minat khusus lainya yang ramai dikunjungi wisatawan selama momen tersebut.

Yakni seperti Pantai Marina Semarang, Cimory on the Valley Kabupaten Semaramg dan Desa Wisata Serang Purbalinggga.

“Kalau melihat Nataru tahun kemarin prediksinya sepertinya masih sama. Wisata-wisata tema alam, buatan dan budaya itu paling banyak dikunjungi oleh wisatawan,” nilainya.

Kendati demikian, imbuh Endro, prediksi tren kunjungan wisatawan pada Nataru ini bisa lebih besar lagi tergantung tambahan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah.

Mengingat saat ini, Hari Raya Natal jatuh pada Senin, 25 Desember 2023 sementara cuti bersama jatuh pada Selasa, 26 Desember 2023.

Merujuk pada tanggal itu, masyarakat dapat berlibur selama empat hari, yakni pada Sabtu, 23 Desember 2023 hingga Selasa, 26 Desember 2023. Adapun, libur Tahun Baru 2024 jatuh pada Senin, 1 Januari 2024.

Di lain sisi, Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng juga sudah memetakan 10 kabupaten/kota yang berpotensi rawan macet karena menjadi tujuan destinasi wisata favorit selama Nataru 2023/2024.

Lokasi itu antara lain ruas jalan arah wisata Dieng Wonosobo-Banjarnegara, wisata Bandungan dan sekitarnya Kabupaten Semarang, wisata Guci Tegal, wisata Tawangmangu Karanganyar, wisata Merapi Magelang, wisata Gardu Pandang Ketep percabangan jalan arah Kopeng dan Selo Boyolali, wisata Baturaden Banyumas, wisata Pantai Kebumen, dan wisata Teluk Penyu di Cilacap

“Makanya penanganannya situasional. Kami akan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan kepolisian di jalur-jalur itu (rawan macet), mengatur buka-tutup jalur pengunjung dan memecah arus bila ada potensi penumpukan kendaraan. Jadi kami usahakan sebisa mungkin arus hanya padat merayat dan tidak sampai macet berkepanjangan,” jelas Kepala Dishub Jateng, Henggar Budi Anggoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya