SOLOPOS.COM - Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, saat meninjau proyek Tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional saat libur Nataru, Kamis (14/12/2023). (Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, memastikan Jalan Tol Solo-Jogja ruas Colomadu-Karanganom bisa dibuka secara fungsional saat liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Rencana, jalan tol sepanjang 13 kilometer (km) itu akan dibuka mulai 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Nana pun sudah memastikan kesiapan ruas Jalan Tol Solo-Jogja seksi I itu bisa digunakan. Ia pun mengecek secara langsung proyek jalan tol itu di sejumlah lokasi pada Kamis (14/12/2023).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Berdasarkan pantauannya, tol sudah bisa dilintasi. Meski demikian, masih perlu penambahan rambu, seperti rambu petunjuk, patok pengarah sementara, dan pembatas beton.

“Kita masih ada waktu, nanti Kementarian PUPR dengan Dinas Perhubungan akan bekerja sama, koordinasi, untuk memasang kelengkapan rambu-rambu jalan,” kata Nana dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis siang.

Nana menyampaikan Tol Solo-Jogja ruas Colomadu-Karanganom ini akan dibuka satu ruas. Dia memperinci, pada 22 Desember hingga 31 Desember 2023, tol dibuka dari arah Colomadu menuju Karanganom Klaten. Sementara, untuk arah sebaliknya dibuka pada 1 hingga 3 Januari 2024. Fungsional jalan tol dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Hanya dibuka hingga pukul 17.00 WIB saja karena pertimbangan penerangan jalan,” ujarnya.

Nana menambahkan keberadaan Tol Solo-Jogja ruas Colomadu-Karanganomo ini memang sengaja dioptimalkan penggunaannya pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dengan harapan, akan memperlancar arus lalu lintas Solo – Yogyakarta yang selama ini dikenal padat.

“Akan kita optimalkan, sehingga masyarakat bisa menggunakan dengan ada rasa nyaman,” katanya.

Nana juga mengingatkan, pengendara yang melintasi fungsional jalan tol di ruas tersebut tetap berhati-hati, mengingat pengerjaan jalan yang belum tuntas. Oleh karena itu, keselamatan harus menjadi prioritas utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya