SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengunjung Candi Borobudur. (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, MAGELANG — Jumlah pengunjung di Taman Wisata Candi Borobudur Magelang meningkat pada libur sekolah sekarang ini. Peningkatan kunjungan tersebut mencapai dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Pada libur sekolah kali ini, Taman Wisata Candi Borobudur menyajikan permainan tradisional dan pembuatan kerajinan. Hal itu seperti gerabah, wayang, dan ecoprint di Halaman Museum Samodraraksa.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Jamaludin Mawardi, mengatakan jumlah pengunjung, baik wisatawan domestik ataupun asing mencapai 3.000-3.500 orang per hari sebelum masa liburan sekolah.

Saat berlangsung liburan sekolah, jumlah kunjungan di Candi Borobudur berkisar 6.000-8.000 orang per hari. Bahkan pada akhir pekan kemarin jumlah pengunjung sekitar 10.000 orang. Di mana, kunjungan di akhir pekan biasanya 7.000-8.000 orang.

“Mungkin karena kemarin bersamaan dengan cuti bersama,” kata Jamaludin Mawardi, seperti dikutip dari Antara, Senin (3/7/2023).

Jamaludin Mawardi mengatakan peningkatan pengunjung mulai terlihat sejak awal liburan sekolah pada akhir Juni 2023. Hal itu terpantau dari kedatangan bus-bus yang masuk lokasi taman wisata dan antrean pelajar di loket masuk.

Kunjungan wisatawan mancanegara juga mulai meningkat. Secara kebetulan pada Juni-Juli 2023 dan Agustus 2023 merupakan liburan musim panas bagi wisatawan Eropa.

“Indikasinya sudah kelihatan. Setiap pagi jumlah wisatawan yang antre untuk membeli tiket naik ke candi juga mulai kelihatan, lebih banyak dari hari-hari sebelumnya,” katanya.

Ia menuturkan pada masa liburan sekolah ini, kuota kunjungan naik ke bangunan candi sebanyak 1.200 orang per hari terpenuhi lebih awal.

“Kalau biasanya kuota kunjungan naik ke bangunan candi terpenuhi sekitar pukul 15.00 WIB-15.30 WIB. Pada masa liburan ini pukul 14.00 WIB sudah terpenuhi,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya