SOLOPOS.COM - Suasana wisatawan di Grand Maerakaca, Kota Semarang, saat libur sekolah, Selasa (27/6/2023). (Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Libur sekolah yang bertepatan dengan libur Iduladha 2023 membuat sejumlah objek wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dipadati pengunjung. Salah satunya adalah objek wisata di kawasan Pantai Marina, yakni Grand Maerakaca.

Jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada musim liburan ini. Bahkan, jumlah pengunjung diprediksi mengalami kenaikan sekitar 20 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Direktur PRPP Jawa Tengah (Jateng), Titah Listyorini, mengatakan meski belum menyediakan wahana permainan baru, Grand Maerakaca tetap dipadati pengunjung setiap musim liburan, terutama libur sekolah.

“Liburan lebaran besok sama long weekend, kalau penambahan wahana belum, tetapi memang sudah kami siapkan. Biasanya sih peningkatan 20 sampai 25 persen perhari. Saat ini liburan , dan saat ini liburan sekolah memang baru awal-awal liburan sekolah dan kalau kita biasanya itu sekitar 1000 pengunjung mungkin kalau liburan bisa ada tambahan sekitar 20 persennya. Setiap hari Minggu sekitar 2000-an pengunjung. Biasanya ada tambahan sekitar 20 persen,” tutur Titah, Selasa (27/6/2023).

Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung di Grand Maerakaca diprediksi akan berlangsung selama musim liburan sekolah. Selama libur sekolah itu, diprediksi jumlah pengunjung mencapaii 20.000 hingga 25.000 orang.

“Saya kira mulai hari ini, mulai liburan kemarin juga sudah ada penginggkatan, sampai dengan akhir liburan. Setiap hari, kalau liburan itu peningkatannya 20%, misalkan sebulan ditotal ada 20.000 hingga 25.000 pengunjung,” jelasnya.

Wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung di Grand Maerokoco ada beragam, seperti Taman Mini Jawa Tengah, menjelajah hutan mangrove, Lumina Grand Maerakaca, dan Golf Grand Maerakaca.

“Wahana yang ada perahu, kereta kelinci, kemudian, ada juga teater 3 dimensi kemudian ada skuter dan lain lain masih tetap,” jelasnya.

Titah menyebut tak usah menghawatirkan harga karena tidak ada peningkatan harga di Grand Maerakaca. “Enggak ada kenaikan harga, harga [tiket masuk] tetap Rp20.000 per orang, untuk wahana bervariasi mulai dari Rp5.000,” jelasnya.

Selain itu Titah menyebut pihaknya juga sedang berfokus pada kegiatan Jateng Fair yang akan diselenggarkan di komplek PRPP Maerakaca. Hal ini dapat menjadi opsi bagi pengunjung yang ingin menikmati waktu liburannya di kawasan PRPP.

“Kali ini selain Grand Maerakaca juga mengadakan Jateng Fair ya bisa dijadikan alternatif mengisi liburan sekolah bagi keluarga, Kami PTPN provinsi Jawa Tengah sedang fokus mempersiapkan Jateng Fair tapi Grand Maerokoco tetap dibuka untuk pagi dari jam 7 pagi sampai 6 sore. Mulai 30 Juni sampai 16 Juli bisa berwisata di 21 rekreasi, nonton pameran, belanja, dan lain-lain,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya