SOLOPOS.COM - Salah satu spot foto di kawasan Candi Bandungan, Kabupaten Semarang. (Solopos.com - Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Libur sekolah tiba, masih bingung mau melepas liburan keluarga ke mana? Cobalah kunjungi kawasan wisata Bandungan di Kabupaten Semarang. Ada beberapa tempat wisata yang menarik dan hit di Bandungan, yang berupa daerah dataran tinggi di lereng Gunung Ungaran ini. Tentu semuanya instagrammable dan penuh dengan panorama yang memikat.

Bandungan merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Semarang. Kawasan Bandungan meliputi 10 desa, yang beberapa di antaranya memiliki lokasi wisata khas masing-masing.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Berikut tujuh tempat wisata di Bandungan yang cukup hits dan layak dikunjungi:

1. Umbul Sidomukti

Tempat ini bisa dikatakan komplet dam menyediakan semua sarana liburan yang dibutuhkan keluarga anda. Mulai dari penginapan, kolam renang alami, aneka restoran dan kafe, serta wahana permainan dari kendaraan ATV yang seru sampai flying fox yang akan memacu adrenalin anda.

Baca juga: 10 Lokasi Wisata Hits dan Murah di Semarang

Memasuki kawasan Sidomukti anda yang mengendarai sepeda motor akan dikenai retribusi sebesar Rp13.000. Di dalam anda akan menemui banyak wahana terpisah dengan pintu loket masing-masing.

Satu spot yang sangat direkomendasikan adalah Pondok Kopi, kafe di atas awan yang sangat digandrungi banyak orang karena pemandangannya yang mencengangkan.

wisata hits bandungan
Pondok Kopi Sidomukti. (Ponco Wiyono-Solopos.com)

2. Candi Gedong Songo.

Berbeda dengan Candi Borobudur yang meski sama-sama menanjak namun pucuk candinya berada di satu titik, Candi Gedong Songo ini tersebar di beberapa titik. Anda akan diajak berolahraga mendaki sembari menikmati hijaunya puncak gunung Ungaran dan selimut kabut yang sesekali menebal. Redakan dahaga anda dengan menyeruput wedang ronde atau hibur perut keroncongan dengan sepotong mendoan panas.

Tidak nyaman berjalan kaki sepanjang empat kilometer karena jalanan terlalu curam? Jangan khawatir, ratusan kuda siap mengangkut anda menuju puncak dengan pengawasan pemandu wisata.

Baca juga: Buka Mukernas Persada.ID di Bandungan, Ganjar Minta Radio Lokal Berinovasi

Ada spot tersembunyi di sekitar candi nomor tiga, yakni pemandian air panas. Jangan sampai luput dari tempat ini, terutama bagi anda yang mendambakan kulit bersih dan sehat, sebab air panas yang berasal dari kawah belerang di sini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit serta menghaluskan permukaannya. Karcis masuk ke sini adalah Rp5000 perorang.

Wisatawan menunggangi kuda di objek wisata Candi Gedongsongo, Sumowono, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (29/12/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)
Wisatawan menunggangi kuda di objek wisata Candi Gedongsongo, Sumowono, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (29/12/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

3. Ayana

Empat tahun silam tempat ini diresmikan sebagai wahana muda-mudi milenial melampiaskan kebutuhan “ngonten” mereka. Sofa di tengah kolam, balon udara, balon kaca, serta aneka spot yang gambarnya cocok untuk diunggah ke media sosial anda. Tiket masuknya Rp25.000 perorang dan anda hanya bisa memasukinya melalui gerbang Candi Gedong Songo.

4. Taman Bunga Celosia

Masih di kawasan Gedong Songo, tamab bunga ini menyediakan spot-spot foto menarik berupa jembatan kaca, lorong tanpa batas, taman kaktus, rainbow wisteria, vertical garden, tropical garden, dan, beberapa lainnya.

Anda bisa pula berfoto bersama keluarga di Little Korea menggunakan hanbok, baju tradisional bangsa Korea. Wahana permainan lain adalah trampoline, bom-bom car, mini trail, go cart, golf car dan taman kelinci.

Tiket masuk ke taman ini adalah Rp20.000 perorang di hari biasa, dan Rp25.000 perorang di akhir pekan atau hari libur. Taman Bunga Celosia dibuka pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

5. Gedong Pass

Berada di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Gedong Pass menawarkan pemandangan alam nan mempesonakan dari gardu pandang. Uniknya, gardu pandang ini dibikin menyerupai sebuah kapal. Memiliki ketinggian 1.700 dari permukaan laut, Gedong Pass cocok untuk anda yang menyukai pemandangan alam secara landscape.

6. I’AMpelgading Homeland

Memang demikian penulisannya. Memang terbaca aneh, tapi sesampainya anda di sana rasa aneh berubah menjadi ketakjuban akan pemandangan alam. Anda yang menyukai wisata sederhana, yakni berfoto-foto sambil minum kopi, wahana yang berada di Dusun Ampelgading, Desa Kenteng adalah pilihan pas. Untuk bisa memasukinya, anda cukup membayar Rp5000.

7. Alun-alun Bandungan



Pemerintah setempat paham betul potensi wisata Bandungan, maka tidak heran alun-alun yang menjadi persimpangan jalur menuju Ungaran-Ambarawa-Sumowono ini dipercantik. Anda bisa memarkir kendaraan di titik parkir yang tersedia, untuk menuju spot bagus untuk foto-foto ini. Jangan lupa mampir ke pasar lokal, tempat anda bisa berbelanja buah-buahan lokal seperti alpukat, kelengkeng, manggis dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya