SOLOPOS.COM - Embung Kledung merupakan salah satu embung di Kabupaten Temanggung. (jatengprov.go.id)

Solopos.com, TEMANGGUNG-Sebanyak lima embung skala mikro dibangun di Desa Tlahab Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, oleh Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTTC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) bersama Lazizmu untuk mendukung program ketahanan pangan.

Ketua MTTC Unimma Retno Rusdjijati di Temanggung, Sabtu, mengatakan melalui Forum Petani Multikultur Indonesia (FPMI), MTCC Unimma berupaya melakukan mediasi kebutuhan embung kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, khususnya Lazismu Jateng dan Lazismu Kabupaten Temanggung.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Alhamdulillah, saat ini sudah terwujud lima embung skala mikro di Desa Tlahab Kecamatan Kledung. Pengelolaan embung dikoordinir oleh lima kelompok tani, yakni Poktan Daya Sindoro, Sapta Mandiri, Margo Rahayu, Lumbung Makmur dan Sadewa,” kata Retno pada peluncuran lima embung di Temanggung dikutip dari Antara pada Sabtu (26/8/2023).

Ia menyebutkan total pendanaan pembangunan lima embung skala mikro di Kabupaten Temanggung itu senilai Rp199.625.000 (Rp199,63 juta).  Retno menuturkan keberadaan penampungan air (embung) diharapkan menjadi proyek percontohan solusi masalah perairan pertanian di Kecamatan Kledung, yang selanjutnya bisa dikembangkan di area pertanian sejenis.

Ia berharap pembangunan embung tersebut bisa menjadi solusi area lahan hortikultura seluas 32 hektare dan lebih dari 170 petani.

“Kami berharap keberadaan embung tersebut menjadi solusi peningkatan kesejahteraan petani hortikultura sehingga posisi tawar petani akan semakin meningkat. Sekaligus proyek ini menjadi salah satu inisiasi langkah Muhammadiyah mengantisipasi krisis pangan, khususnya implementasi dakwah jihad kedaulatan pangan,” ujar Retno.

Pembangunan embung ini, sekaligus sebagai gerakan tajdid pada bidang pertanian. Spirit tajdid yang dimiliki Muhammadiyah diharapkan mampu mengembangkan subjek kekuatan umat dan bangsa ini, yakni petani.

Penyuluh Muda Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung Kartini menyampaikan terima kasih atas bantuan embung mini tersebut.

“Semoga dengan bantuan ini akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya sejumlah kelompok tani di Desa Tlahab Kecamatan Kledung. Keberadaan embung ini sangat bermanfaat bagi petani, terutama pada musim kemarau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya