SOLOPOS.COM - Salah seorang pemohon SIM C, Raynald Praditya, 18, saat melakukan praktik berkendara sepeda motor di Mapolres Kendal, Senin (7/8/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, KENDAL–Polres Kendal, Jawa Tengah (Jateng), resmi menerapkan lintasan baru pada ujian praktik SIM C atau sepeda motor di daerahnya mulai Senin (7/8/2023). Pada materi ujian baru ini, diklaim lebih mempermudah para pemohon untuk bisa mendapatkan SIM C.

Pantauan Solopos.com di arena ujian praktik SIM C Polres Kendal, pemohon tampak kesulitan pada belokan pertama. Meski ada yang berhasil lewat, beberapa peserta ada yang kehilangan keseimbangan hingga kaki menginjak tanah saat berbelok ke kanan pada belokan pertama.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Salah seorang pemohon surat izin mengemudi (SIM) C, Raynald Praditya, 18, mengaku baru kali pertama melakukan ujian praktik SIM C. Kendati kali pertama, warga Kecamatan Limbangan itu tampak tak ada kesulitan.

“Baru kali ini [ujian dan mencoba praktik SIM]. Lumayan [mudah], yang agak susah itu yang tikungan pertama itu, rada grogi tadi, untung enggak jatuh [kaki napak tanah atau keluar batas jalan],” kata Raynald kepada Solopos.com, Senin (7/8/2023).

Sementara itu, nasib berbeda dialami oleh Safira, 18, warga Kecamatan Brangsong, Kendal, yang harus mencoba beberapa kali hingga akhirnya sukses melewati seluruh lintasan baru ujian praktik SIM tersebut. Sebab meski baru kali pertama mengikuti uji praktik SIM C, ia sempat gagal saat kali pertama melewati tikungan pertama.

“Iya, pas latihan [gagal di tikungan pertama]. Sempat grogi pas belokanya” ujar Safira.

Hal serupa juga dialami Afina, 18, warga Kecamatan Brangsong. Ia tampak kesulitan saat berbelok ke kanan di tikungan pertama.

“Iya sulit itu [tikungan pertama], sampai beberapa kali coba. Karena sempat berhenti tadi [kaki menginjak tanah], grogi hampir menabrak pembatas,”  beber Afina.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP Rizky Widyo Pratomo, membenarkan bila banyak pemohon yang tampak grogi saat melewati belokan pertama di lintasan ujian praktik baru SIM tersebut. Kendati kesulitan, pada trek baru ini diklaim kesulitanya lebih rendah dibanding trek lama yang membentuk angka delapan.

“Apalagi trek baru ini lebih lebar, 160 cm dari sebelumnya yang hanya 120 cm. Jadi memang uji SIM baru ini untuk memudahkan masyarakat,” ujar AKP Rizky.

Kasatlantas pun menyarankan pemohon untuk fokus ketika melewati trek baru ini. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan kesempatan bagi para pemohon untuk berlatih lebih dulu di arena ujian praktik di Polres Kendal.

“Kuncinya itu fokus di tiap trek, termasuk di belokan pertama. Jangan grogi. Kemudian bila ragu langsung mencoba, bisa latihan dulu. Di sini [Polres Kendal] tiap hari bisa untuk latihan pemohon, jam operasionalnya mulai dari 09.00 WIB sampai 12.00 WIB,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) telah resmi menerapkan perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C bagi masyarakat. Perubahan materi uji praktik SIM itu dilaksanakan serentak di Jateng pada Kamis (3/8/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya