SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kebakaran (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KUDUS — Kantor Bank BRI Unit Pasar Kliwon, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), dilanda kebakaran, Kamis (13/1/2022) siang. Kebakaran itu diduga dipicu dari mesin genset yang dinyalakan saat sambungan listrik PLN di wilayah tersebut padam.

Kebakaran yang melanda Kantor Bank BRI ini pun sempat membuat warga yang ada di kawasan Pasar Kliwon, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Kudus, panik. Akan tetapi, api mampu dengan segera dipadamkan petugas pemadam kebakaran gabungan agar tidak merembet ke bangunan yang lainnya.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Terlihat mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Kudus, BPBD Kudus, PT Djarum, dan PT Nojorono, turun tangan memadamkan api. Alhasil, api pun bisa dipadamkan pada pukul 13.00 WIB, atau satu setengah jam sejak api muncul pada pukul 11.30 WIB.

Baca juga: Kebakaran Landa Pasar Brayung Kudus

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Satpol PP Kudus, Sulistiyanto, mengatakan upaya pemadaman api memang tidak mudah. Hal ini dikarenakan titik kebakaran berada di dalam ruko lantai kedua. Bahkan, petugas yang masuk ke titik kebakaran terpaska memecah kaca dari luar gedung.

Meski sempat mengalami kesulitan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB sehingga api tidak menjalar ke ruko lainnya yang ada di sebelahnya, yang terdapat banyak pennjual busana.

Sementara itu, Kepala Kantor BRI Unit Pasar Kliwon Kudus, Ikwan Darmawan, mengungkapkan kebakaran tersebut terjadi ketika hendak menyalakan mesin genset saat listrik PLN padam. Tiba-tiba muncul percikan api dari lantai kedua.

“Sempat ada upaya pemadaman secara mandiri. Namun, tidak berhasil menjinakkan api lantas memanggil tim pemadam kebakaran. Adapun arsip-arsip penting sudah diselamatkan,” ujarnya, dikutip Antara.

Baca juga: Warga Negara Sri Lanka Skimming ATM BRI di Kudus

Senada juga disampaikan petugas jaga BRI Unit Pasar Kliwon, Suwarno, yang mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB ketika temannya menyalakan mesin genset karena listrik PLN padam. Tiba-tiba, percikan api keluar dari instalasi listrik di lantai kedua yang merupakan kantor BRI Unit Pasar Kliwon.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran di lantai dua Pasar Kliwon tersebut. Atas peristiwa tersebut, dia mengimbau penyewa ruko di Pasar Kliwon agar rutin memantau instalasi listrik yang ada di dalam ruko. Hal ini mengingat petugas Dinas Perdagangan tidak dapat masuk ke dalam ruko demi menjaga privasi penyewanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya