SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencermati karya kartun. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Lomba kartun internasional bertajuk Astra Motor International Cartoon Contest 2017 bakal digelar di Semarang

Semarangpos.com, SEMARANG – Semarang Cartoon Club (Secac) menjadwalkan penyelenggaraan lomba kartun internasional bertajuk Astra Motor International Cartoon Contest 2017 di Semarang, Kamis (5/1/2017) hingga 31 Maret 2017 mendatang. Lomba untuk menentukan pemilik delapan gelar juara tersebut bakal memperebutkan hadiah dengan nilai total Rp45 juta.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Dewan Komisioner Lomba itu, Jitet Koestana, dalam siaran pers yang dipublikasikan Kantor Berita Antara di Semarang, Senin (2/1/2017), memaparkan Astra Motor International Cartoon Contest 2017 itu memperebutkan hadiah pertama senilai Rp15 juta dan sertifikat. Sementara itu, untuk hadiah kedua Rp9 juta dan sertifikat, serta hadiah ketiga Rp6 juta dan sertifikat. Sedangkan, lima pemenang harapan juga akan memperoleh hadiah masing-masing sebesar Rp3 juta, dan seluruh hadiah akan dikenai pajak penghasilan sebesar 15%.

Lomba kartun internasional tersebut mengusung tema “Transportasi” dengan subtema “Etika Berlalu Lintas”. Dengan tema itu, lomba tersebut diharapkan mampu mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam transformasi dan akselerasi di bidang transportasi secara luas. “Ya, agar Indonesia menjadi negara yang tertib dan santun dalam berlalu lintas,” kata pemegang rekor Muri sebagai kartunis peraih penghargaan internasional terbanyak itu.

Melalui lomba kartun tersebut, Jitet mengajak para kartunis di seluruh dunia untuk mengkritik, mencandai, sekaligus memberikan masukan kepada para pemangku kepentingan bidang transportasi. Secara teknis, peserta lomba bisa mengirimkan maksimal lima karya dengan ketentuan, yakni ukuran file minimal 1 MB, format JPG dengan resolusi 200 dpi-300 dpi, dan harus berwarna dengan mode RGB. “Hasil karya bisa dikirimkan melalui surat elektronik ke amcartooncontest@gmail.com. Paling lambat 31 Maret 2017,” katanya.

Sementara itu, pemerhati humor Indonesia yang juga Dewan Komisioner Lomba Darminto M. Sudarmo mengatakan, lomba dan pameran kartun bertaraf internasional bukan hal baru bagi Indonesia. “Pada kurun 1987-1988, Indonesia, tepatnya Kota Semarang pernah menjadi tuan rumah Candalaga Mancanegara International Cartoon Festival I,” katanya.

Pada 2016, sambung dia, Semarang juga pernah menjadi tuan rumah Secac International Cartoon Exhibition 2016. Pesertanya 340 kartunis dari 64 negara. “Berkaca dari pengalaman, saya optimistis lomba kartun Astra Motor kali ini bisa lebih sukses,” kata Darminto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya