SOLOPOS.COM - Ilustrasi air terjun Lorotan Semar di Pati. (https://tic.patikab.go.id/halaman/detail/plorotan-semar)

Solopos.com, PATI – Semar merupakan tokoh punakawan dalam cerita perwayangan yang dikenal arif dan bijaksana. Ketokohan Semar ini rupanya juga menjadi inspirasi masyarakat di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), dalam menamai sebuah objek wisata air terjun di Kecamatan Kayen dengan nama Lorotan atau Plorotan Semar.

Air Terjun Lorotan Semar atau Plorotan Semar merupakan salah satu tempat wisata alam yang indah di Kabupaten Pati, yang tidak hanya cantik tetapi juga misterius. Hal ini karena objek wisata Pati konon dijadikan lokasi permainan perosotan oleh salah satu tokoh pewayangan, Semar.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dari mitos itu pulalah air terjun di Sumber Sari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, ini dinamai Lorotan Semar. Bentuk air terjun Lorotan Semar cenderung landai dan cekung, yang sekilas terlihat seperti perosotan.

Dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkatan atas, tingkatan tengah, dan tingkatan bawah. Banyaknya air yang mengalir sangat dipengaruhi oleh musim, dan jika curah hujan tinggi maka air terjun Lorotan Semar juga cukup deras.

Airnya yang deras, jernih, dan bersih semakin membuat cantik air terjun ini. Mengalir di antara tebing bebatuan yang landai dan membentuk tirai air yang sangat indah. Air yang mengalir jatuh langsung ke kolam alami, yang kedalamannya bervariasi dan ada yang cukup dalam. Jadi berhati-hatilah saat berenang atau bermain air di Air Terjun Lorotan Semar.

Tak jauh dari lokasi Air Terjun Lorotan Semar, terdapat sebuah patung Semar yang berukuran cukup besar. Patung inipun seolah-olah menjadi pertanda Semar pernah singgh di tempat ini. Semar dipercaya memiliki tubuh yang bulat, wajah yang selalu tersenyum dan mata sembab. Itulah deskripsi patung Semar yang ada di sekitar Air Terjun Lorotan Semar.

Rute trekking air terjun Lorotan Semar cukup mudah, sehingga menjadi salah satu daya tariknya. Tidak seperti air terjun kebanyakan yang membutuhkan usaha yang cukup besar untuk mencapainya. Untuk mencapai air terjun Lorotan Semar, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan yang ada. Meski masih berupa tanah, anak kecil pun bisa dengan mudah melaluinya.

Tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas berupa pendapa yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara formal maupun informal. Pengunjung juga bisa berfoto sambil bermain air di area Air Terjun Lorotan Semar, atau berfoto dengan air terjunnya yang indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya