SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Lowongan CPNS 2015 tidak dibuka oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tidak melakukan perekrutan pegawai negeri sipil pada 2015 sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Tahun ini kami tidak membuka pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan SE Menteri Pemberdayaan Aparatur bernomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tentang penundaan penambahan pegawai aparatur sipil negara 2015,” kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Jateng Indriani di Semarang, Selasa (15/9/2015).

Ia menjelaskan surat Kemenpan-RB tersebut diedarkan sejak 30 Juni 2015, padahal jumlah PNS di lingkungan Pemprov Jateng baru tercatat sebanyak 16 ribu PNS atau masih kurang 4.000 PNS jika ingin mencapai jumlah ideal.

“Meskipun petunjuk SE tersebut hanya berlaku pada tahun ini, kami belum bisa memperkirakan aturan tahun berikutnya karena semua keputusan serta kebijakan bersumber dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa setiap tahun Pemprov Jateng mengalami kekurangan jumlah PNS karena 900 PNS memasuki masa pensiun.

Menurut dia, kekurangan jumlah PNS tersebut diantisipasi dengan penerimaan mutasi PNS dari provinsi lain, sesuai dengan kebutuhan formasi yang sangat mendesak.

“Dalam proses penerimaan mutasi, pihaknya tidak sembarangan menerima PNS, melainkan tetap melalui serangkaian jalur tes,” ujarnya.

Selain itu, dalam melakukan prosedur mutasi selain tes, pihak BKD Jateng juga menjalankan persyaratan seperti minimal golongan IIID dan usia maksimal 45 tahun karenak beban kerja yang harus ditanggung membutuhkan PNS yang masih produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya