SOLOPOS.COM - Rektor UIN Salatiga Prof. Zakiyuddin saat memantau kesiapan Sirkuit Jangkar UIN Salatiga sebelum ajang Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 Jumat (21/7/2023) sore. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Islam Negeri atau UIN Salatiga menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia yang memiliki sirkuit untuk motocross atau grasstrack.

Sirkuit tersebut terletak di kampus 3 UIN Salatiga sebelah selatan auditorium. Sirkuit yang diberi nama Sirkuit Jangkar UIN Salatiga memiliki luas sekitar 4 hektare dan sudah berstandar nasional.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Sirkuit itu memiliki lintasan dengan panjang 1,25 kilometer dengan lebar minimal 10 meter. Sirkuit Jangkar dibangun atas kerja sama UIN Salatiga dengan TNI AL yang menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023, ajang itu digelar Sabtu-Minggu (22-23/7/2023).

Rektor UIN Salatiga Prof. Zakiyuddin mengatakan pihaknya terbuka untuk berkolaborasi dengan siapa pun dalam rangka memajukan kampus dan kebermanfaatan bagi masyarakat.

“Bermanfaat bagi masyarakat lebih luas bagi seluruh elemen yang ada di dalam kehidupan sosial oleh karena itu kami menjalin kerja sama dengan TNI AL dalam rangka untuk kejuaraan motocross tingkat nasional dan daerah,” kata Rektor UIN Salatiga kepada Solopos.com, Sabtu (22/7/2023).

Zakiyuddin menjelaskan momen kerja sama ini juga sebagai kolaborasi yang baik. Bagi UIN Salatiga sendiri juga akan mendapatkan manfaat untuk mengembangkan badan layanan umum.

“Kita menjadikan sebagian lahan kampus kita menjadi grasstrack untuk cross sehingga kita menjadi kampus pertama PTKIN yang memiliki sirkuit motocross,” sebutnya.

Sirkuit Jangkar UIN Salatiga
Rektor UIN Salatiga Prof. Zakiyuddin bersama jajaran pejabat TNI AL saat membuka ajang Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 Jumat (21/7/2023) sore. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Dikatakan, setelah kejuaraan nasional ini selesai, Sirkuit Jangkar UIN Salatiga bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi minat anak-anak muda dalam ajang balap motocross.

“Sirkuit ini untuk memfasilitasi minat bakat mahasiswa dan masyarakat pada umumnya dalam aktivitas balap sepeda motor,” terang dia.

Ke depannya, Zakiyuddin berharap dengan sirkuit ini kampus dapat menjalin kerja sama dengan berbagai event organizer dan menyewakan sirkuit ini baik untuk latihan maupun perlombaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya