Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Lutung Kasarung dari Kebumen Film Pertama Indonesia Sebelum Darah dan Doa

Lutung Kasarung dari Kebumen Film Pertama Indonesia Sebelum Darah dan Doa
user
Kamis, 30 Maret 2023 - 16:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Adegan film Krisis. Film Krisis yang disutradarai Usmar Ismail menjadi tonggak dalam dunia film. Film tersebut menjadi produksi nasional pertama yang diputar di bioskop kelas satu yang biasanya hanya untuk film-film impor dan film itu bertahan lebih dari satu bulan sehingga berpredikat box office, prestasi yang belum pernah dicapai film Indonesia saat itu. (muspen.kominfo.go.id)

Solopos.com, KEBUMEN — Film bisu berjudul Loetoeng Kasaroeng atau dalam ejaan masa kini Lutung Kasarung adalah film pertama produksi Indonesia sebelum Darah dan Doa atau The Long March of Siliwangi yang kemudian menjadi titik terang produksi film nasional. 

Lutung Kasarung adalah cerita rakyat asal Kebumen, yang kini masuk Provinsi Jawa Tengah, meski kisahnya konon turun temurun diceritakan oleh masyarakat Pasundan atau Jawa Barat. Dihimpun dari sebuah literasi dari Scribd.com dengan judul Goa Jatijajar Sebagai Daerah Objek Wisata Alam Adalah Goa Alam, sebagian kawasan Kebumen berada di bawah kekuasaan Kerajaan Pajajaran dengan batas wilayah di Sungai Luk Ulo. 

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN