SOLOPOS.COM - Relawan Mafindo Salatiga menjelaskan karakter berita hoaks kepada pengunjung Salatiga Youth Festival di halaman Pemkot Salatiga, Minggu (29/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Salatiga meriahkan Salatiga Youth Festival yang digelar Jumat-Minggu (27-29/10/2023) di halaman Pemkot Salatiga. Sebagai organisasi yang fokus dalam literasi digital anti hoaks, Mafindo mengajak pengunjung untuk berkontribusi memerangi konten bohon khususnya di kalangan muda.

Berbagai komunitas berkumpul memadati area event bertajuk Youth Festival#2 ini sejak hari pertama. Mawar Agustin, salah seorang pengunjung dari SMK PGRI Salatiga 1, merasa senang ikut bergabung menjadi relawan antihoaks. Menurutnya ada ruang untuk kalangan muda berjuang melawan hoaks.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Wah ini menarik untuk saya dan teman-teman. Momen kaya gini langka, apalagi gerakan yang melibatkan kaum muda peduli hoaks,” ungkapnya, Minggu, dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Menurutnya, sebagai generasi generasi Z ia tidak mau mudah dibohongi oleh unggahan-unggahan di Unternet, khususnya media sosial. Apalagi, saat ini informasi berkembang begitu cepat, berita yang beredar belum tentu benar. Perlu kecermatan dan pengetahuan untuk menelaah sebuah informasi itu benar atau hoaks.

“Iyaa lah, saya sebagai anak muda mesti harus paham dengan perkembangan internet masa kini. Saya tak mau dibohongin lah. Harus bijak mengelola informasi agar tidak terjebak dengan berita hoaks,” lanjut Mawar.

Ia berharap edukasi seperti ini mestinya juga lebih banyak lagi dilakukan di sekolah-sekolah.

Sebagai informasi, event ini digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Salatiga. Berbagai kegiatan digelar untuk meramaikan agenda tahunan ini. Antara lain kegiatan festival band pelajar, bazar UMKM, pameran Krenova, riding komunitas Vespa, penampilan drumblek SMPN 9 Salatiga, recital dance by Salatiga Movement, DJ perfoma, kirab bendera KPU dan lainnya.

Even kali ini memasuki tahun ke-2 dan selalu mendapat respons positif dari pengunjung, terutama kaum muda.

Salah satu panitia Salatiga Youth Festival, Andika Renda, menyampaikan bahwa agenda ini adalah rangkaian dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. “Ini sekaligus memberikan apresiasi atas kiprah kaum muda yang kini semakin kreatif,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya