SOLOPOS.COM - Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UKSW Salatiga saat mengikuti workshop Oracle Cloud and certified Associate Preparation di ruang FTI 400 UKSW, Selasa (6/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Puluhan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dibekali keahlian seputar oracle database.

Kegiatan itu terbagi menjadi dua sesi, yakni berbentuk seminar dan workshop yang diselenggarakan pada Senin-Selasa (5-6/6/2023). Adapun kegiatan ini terselenggara atas kerja sama FTI dengan Oracle Indonesia.

Ketua Program Studi (Kaprodi) SI, Hanna Prillysca Chernovita, S.SI., M.Cs., menyebut, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan seputar database oracle, oracle cloud, dan juga system analyst oracle.

Kegiatan ini juga memotivasi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk magang dan bekerja.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan akan semakin melengkapi mahasiswa untuk masuk di dunia kerja,” bebernya.

Dikatakan, memiliki sertifikat keahlian seperti Oracle Certified Associate (OCA) akan memberikan nilai tambah untuk meningkatkan daya saing bagi mahasiswa ketika masuk ke dunia kerja. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan memperoleh gambaran tentang persiapan mengambil sertifikasi tersebut.

Lebih lanjut, ia menjelaskan FTI UKSW memiliki unit Certification and Training Center (CTC) yang menyediakan fasilitas bagi mahasiswa yang ingin mengambil sertifikasi, baik oracle maupun sertifikasi lainnya seperti microsoft, jaringan dan sebagainya.

“Fasilitas sudah disediakan oleh fakultas. Selanjutnya diperlukan kemauan dan daya juang mahasiswa untuk aktif mendapatkan sertifikasi,” terangnya.

Dalam seminar bertajuk Oracle Cloud and Certified Associate Preparation ini, hadir sebagai pembicara Senior Advanced Support Engineer Oracle Indonesia, Theo Pradikta dan Business System Analyst Trainer PT. Mitra Integrasi Informatika, Kevin Nagashi.

Di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir, Theo Pradikta, menjelaskan pemanfaatan oracle cloud database dan system analyst oracle. Dalam materinya ia memaparkan mengenai oracle cloud, cloud computing, dan basis data serta manfaat besar yang diperoleh dari basis data yang disajikan dengan cloud.

Dijelaskan, Oracle Indonesia mempunyai region-region yang terdapat di negara-negara Asia Pasifik, termasuk juga di Singapura. Jika mahasiswa ingin berkarir dalam bidang basis data, tersedia banyak kesempatan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Sementara itu, Kevin Nagashi membahas tentang bagaimana menjadi business system analyst dan juga apa yang harus dipersiapkan mahasiswa saat ingin berkarir pada bidang tersebut.

Kevin Nagashi memberikan sharing mengenai perkuliahan. Ia mengungkapkan mengerjakan project-project saat berkuliah akan semakin menambah kesiapan mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja.

Workshop Oracle Cloud and Certified Associate Preparation yang diadakan pada hari kedua dipaparkan oleh Theo Pradikta. Berbeda dari seminar yang diadakan hari sebelumnya di Auditorium FTI, Theo Pradikta lebih banyak mengulik database oracle, pemanfaatan oracle, dan implementasi cara melakukan manipulasi database oracle.

Bertempat di FTI 400, peserta workshop yang terdiri dari puluhan mahasiswa FTI juga dibekali test practice dengan study case yang terdapat di dalamnya.

Selanjutnya, study case tersebut diselesaikan dengan tools oracle cloud yang telah dipaparkan oleh narasumber. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat menambah skill secara teknis mengenai materi yang mereka terima.

Rekomendasi
Berita Lainnya