SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaki gunung. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak tiga gunung di Jawa Tengah (Jateng) diprediksi akan diserbu para pendaki saat perayaan malam Tahun Baru 2023 nanti. Ketiga gunung tersebut adalah Gunung Prahu di Dataran Tinggi Dieng, Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar dan Gunung Merbabu di Kabupaten Magelang.

Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Jateng, Dasirun, kepada Solopos.com, Selasa (22/11/2022). Dasirun mengatakan ada sekitar 10 gunung di Jateng yang akan ramai didatangi pendaki saat perayaan malam tahun baru.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Namun dari 10 gunung itu, hanya tiga yang diprediksi paling ramai atau paling banyak didatangi pendaki. Bahkan, ia memperkirakan jumlah pendaki yang datang ketiga gunung itu saat malam tahun baru bisa mencapai 3.500 orang.

“Kalau dihitung sepekan, dari sejak libur Natal hingga tahun baru bisa mencapai 4.000-5.000 pendaki,” kata Dasirun.

Sedangkan untuk tujuh gunung lainnya, kemungkinan juga akan ramai didatangi pengunjung mencapai 3.000 orang. Ketujuh gunung itu yakni Merapi, Telomoyo, Andong, Ungaran, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

Baca juga: Ini 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran, Nomor 1 Rekomendasi untuk Pemula

“Untuk memecah penumpukan di gunung, kami sarankan pendaki menghindari tiga gunung yang ramai tadi. Pengunjung bisa mencoba ke Gunung Telomoyo, Gunung Andong dan Gunung Pakuwaja,” sambung dia.

Dasirun mengimbau para pendaki untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati saat melakukan pendakian gunung di malam tahun baru. Terlebih, kondisi cuaca di bulan Desember masih cukup berbahaya, terlebih jika datang cuaca ekstrem berupa hujan dengan instensitas tinggi yang disertai angin kencang dan petir.

“Kalau mendaki pada musim hujan ini wajib hati-hati. Jangan memaksakan diri! Selain badai, ada bahaya petir di gunung yang puncaknya terbuka seperti Gunung Prau. Kalau cuaca ekstrem, sebaiknya jangan dipaksakan. Lebih baik urungkan niat mendakinya,” imbau Ketua APGI Jateng itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya