SOLOPOS.COM - Buah manggis (Deptan.go.id)

Solopos.com, PURWOREJO — Buah manggis menjadi komoditas unggulan sekaligus menjadi ikon kebanggaan Kabupaten Purworejo.

Hal ini lantaran hasil produksi buah manggis di Kabupaten Purworejo bisa dibilang melimpah. Daerah penghasil buah manggis terbanyak di Purworejo berada di Kecamatan Kaligesing.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Manggis Kaligesing nyatanya sudah digemari masyarakat Tanah Air. Bahkan, banyak yang menyebut buah ini sebagai salah satu manggis terbaik di Indonesia yang berstandar layak ekspor.

Seperti yang dilansir dari potensiinvestasi.purworejokab.go.id, manggis Kaligesing mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas ekspor. Untuk masa panen buah Manggis Kaligesing ini berlangsung dari Januari hingga Maret.

Dalam sekali panen pun hasilnya cukup memuaskan. Sedikitnya, tujuh ton manggis dikirim ke luar daerah setiap harinya pada saat musim panen.

Pohon manggis banyak dibudidayakan di Kecamatan Kaligesing dan Kecamatan Bagelen dengan luas lahan tanam 1260,7 Ha.

Dari segi karakteristik botaninya, manggis ini memiliki ketinggian pohon sekitar 10-15 meter dengan lebar 3-4 meter. Seperti sejenis pohon berkayu lainnya, warna batang pohonnya didominasi warna kecokelatan.

Kedudukan daunnya terlihat mendatar dan melengkung ke bawah. Seperti yang diketahui banyak orang, buah manggis berbentuk bulat keunguan dan berkulit tebal.

Namun, buahnya sangat kenyal dan mudah dibuka. Rasa daging buahnya manis keasaman sehingga terasa segar saat dimakan.

Tak perlu diragukan lagi, manfaat buah manggis sendiri sangat beragam. Manggis dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kanker.

Banyak yang bilang buah manggis disebut-sebut sebagai buah seribu manfaat. Mulai dari daging hingga kulitnya memiliki khasiat baik untuk kesehatan.

Daging buah manggis mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Bahkan kulit manggis juga dinilai mengandung kaya akan antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh.

Tak heran jika buah manggis dijadikan sebagai ikon kebanggaan Kabupaten Purworejo. Selain hasil panennya yang melimpah, buah manggis memiliki banyak keistimewaan, salah satunya bermanfaat untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya