SOLOPOS.COM - Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2018, Heru Sudjatmiko, saat mengambil formulir bakal calon wakil gubernur Jateng di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Rabu (22/5/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2018, Heru Sudjatmiko, menjadi orang pertama yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jateng 2024 di Panti Marhaen atau kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Rabu (22/5/2024) siang.

Pria berusia 72 tahun yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPR RI itu, memilih maju sebagai bakal calon wakil gubernur kembali.

Promosi Peternak Kambing di Malang Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pemberdayaan BRI

“Saya niati hari ini mau daftarkan diri, bukan calon gubernur tapi wakil. Tak ada target [harus direkomendasi], ini bagian dari kesediaan saya selama masih merasa mampu dan diberi mampu, saya ingin tetap berbuat sesuatu,” kata Heru seusai mengambil formulir, Rabu (22/5/2024).

Saat ditanya kenapa memilih bakal calon wakil gubernur meski sudah pernah menjadi wakil gubernur, Heru mengaku tahu diri. Sebab, ia tak memiliki logistik cukup untuk bisa berkontestasi sebagai bakal calon gubernur.

“Ini sudah bukan jadi rahasia umum, tema-teman juga tahu lah, kalau biaya menjadi gubernur mesti gede [besar] kan. Saya enggak sanggup [biayanya], mungkin pekerjaan saya ngerti karena pernah jadi wakil gubernur, tapi saya mendaftar niatnya untuk ibadah,” pungkasnya yang merupakan kader PDIP.

Sementara itu, Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, membenarkan Heru menjadi sosok pertama yang mengambil formulir. Pihaknya juga menambahkan, penjaringan pilgub Jateng ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

“Semua calon yang mendaftar, nanti kita kirim ke DPP. Jadi prosesnya ini masih panjang, semoga banyak tokoh yang mendaftar,” harap Agustina.

Disinggung apakah sudah ada tokoh lain yang berkomunikasi dan ingin mengambil formulir, Agustina mengaku belum ada. Sebab, pendaftaran ini baru dibuka dan disampaikan sekitar pekan lalu.

“Sampai saat ini belum ada yang komunikasi intens buat ambil formulir, karena kan baru dibuka,” tutupnya.

Sekadar untuk diketahui, penjaringan atau pengambilan Pilgub Jateng di PDIP ini dibuka mulai hari ini atau 22-28 Mei 2024. Sementara pengembalian berkas mulai 23-30 Mei 2024. Adapun pelayanannya hanya pada pukul 10.00-16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya