SOLOPOS.COM - Atlet panahan asal Jawa Tengah (Jateng), meraih medali emas dalam cabor panahan pada Popnas 2023 yang digelar di Palembang, pekan lalu. (Solopos.com-Antara.com)

Solopos.com, SEMARANG – Prestasi membanggakan ditorehkan para pelajar Jawa Tengah (Jateng) yang tampil dalam cabang olahraga (cabor) panahan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), 29 Agustus – 4 September 2023. Para atlet panahan pelajar Jateng itu sukses meraih juara umum dengan menyabet tujuh medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jateng, Sudjarwanto Dwiatmojo, mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan para atlet pelajar Jateng itu. Apalagi torehan itu mampu membuat panahan Jateng lebih diperhitungkan di tingkat nasional.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“Kalau secara prestasi, total raihan Jateng di Popnas menempati urutan keempat. Tapi, khusus panahan dan sepak takraw, prestasi atlet Jateng di Popnas tahun ini bisa meraih juara umum, dengan perolehan medali emas terbanyak,” ujar Sudjarwanto.

Sudjarwanto mengatakan total ada 15 nomor yang dipertandingkan dalam cabor panahan pada Popnas 2023. Dari 15 nomor itu, tujuh di antaranya berhasil dimenangkan pelajar dari Jateng. Sementara di dua nomor lainnya, pelajar Jateng mampu menggondol satu perak dan satu perunggu.

“Memang anak-anak (atlet pelajar Jateng) hebat-hebat. Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan hingga ke jenjang selanjutnya,” imbuh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng itu.

Sudjarwanto berharap para atlet pelajar yang tampil berprestasi di Popnas Palembang 2023 itu ke depan mampu menjadi tulang punggung panahan Jateng di tingkat nasional. Oleh karenanya, para atlet itu pun akan diikutkan dalam pemusatan latihan atau trainning center (TC) untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) pada 2024.

Ia pun berharap di PON 2024 nanti, mereka mampu memberikan prestasi yang membanggakan bagi daerah asal dan juga Provinsi Jawa Tengah (Jateng). “Pada PON sebelumnya [di Papua], panahan Jateng mampu menyumbang dua medali emas. Prestasi ini cukup membanggakan. Di PON berikutnya, harapan kami raihan emas bisa lebih banyak,” ujarnya.

Menurut Sujarwanto, atlet panahan dari Jateng saat ini juga sudah cukup diperhitungkan karena kerap meraih prestasi gemilang. Meski demikian, peta persaingan panahan di Tanah Air masih tergolong ketat, di mana atlet dari Jawa Timur (Jatim) dan DKI Jakarta, menjadi pesaing berat atlet asal Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya