SOLOPOS.COM - Prosesi wisuda SMKN Jateng di Kota Semarang, Kamis (16/6/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 263 siswa SMKN atau Negeri Jawa Tengah (Jateng) menjalani wisuda pada Kamis (16/6/2022). Dari 263 siswa yang menjalani wisuda itu, sekitar 80 persen telah diterima di berbagai perusahaan.

Acara wisuda siswa SMK Negeri Jateng itu digelar di tiga sekolah, yakni di kampus SMKN Jateng Semarang ada 119 siswa, 48 siswa di kampus SMKN Jateng Pati, dan 96 siswa di SMKN Jateng Purbalingga.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Kepala SMKN Jateng di Semarang, Sriyono, menuturkan bahwa tingkat kelulusan angkatan VI di sekolahnya mencapai 100 persen, yakni mencapai 119 siswa.

“Persentase kelulusan angkatan VI ini 100 persen, dengan jumlah 119 siswa,” ujarnya usai acara wisuda di lapangan kampus SMKN Jateng di Semarang, Kamis (16/6/2022).

Dari total siswa yang diwisuda, lanjut dia, sudah ada yang terserap menjadi tenaga kerja di perusahaan-perusahaan. Di antaranya 6 tamatan di PT Buma, 87 tamatan dalam prpses seleksi di PT KAI, PT Buma, dan Tambang PPA). Selain itu, ada 4 tamatan yang tengah proses seleksi di instansi Polri.

Baca juga: Catat Lur! Ini Jadwal & Cara Daftar PPDB SMA dan SMK Negeri Jateng 2022

“Dan, untuk angkatan ini juga ada 7 tamatan yang sudah diterima di perguruan tinggi, serta 15 lainnya sedang proses seleksi,” paparnya.

Menurutnya, SMKN Jateng merupakan langkah solutif yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam memutus rantai kemiskinan sekaligus mengurangi angka pengangguran.

“Terima kasih kepada Pak Ganjar yang telah menginisiasi sekolah boarding ini untuk bisa memutus rantai kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan bagi para alumni,” jelasnya.

Baca juga: Kesempatan Sekolah Gratis di SMK Negeri Jateng

Untuk tahun ini, SMKN Jateng di Semarang telah membuka pendaftaran 120 anak didik baru. Mereka semua berasal dari keluarga tidak mampu. “Karena keterbatasan asrama tahun ini kita menerima 120 siswa baru, untuk 4 jurusan. Syaratnya banyak tapi secara umum, berasal dari keluarga miskin, sehat dan berprestasi,” paparnya.

Baginya lulusan SMKN Jateng menjadi incaran perusahaan-perusahaan, terutama di sektor industri. Sebab, selain keterampilan, siswa SMKN Jateng dibekali karakter, budaya kerja dan kecerdasan yang siap menghadapi dunia kerja. “Ada tiga hal yang menjadi keunggulan. Yakni karakter, budaya kerja dan kecerdasan improvement,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya