SOLOPOS.COM - Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji. (Instagram @bupati_cilacap)

Solopos.com, CILACAP — Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, akan melakukan perjalanan sejauh 96 kilometer (km) dengan jalan kaki dari rumah dinasnya menuju kediaman pribadi di Desa Ciguling, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). Perjalanan yang diperkirakan memakan waktu selama empat hari itu dilakukan Bupati Tatto menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai Bupati Cilacap pada Sabtu (19/11/2022) nanti.

Perjalanan Bupati Tatto itu dimulai pada Senin (14/11/2022). Sebelum memulai perjalanan, Bupati Tatto menyempatkan diri memimpin apel di halaman Pendapa Wijayakusuma.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Setelah apel, Bupati Tatto yang didamping istri, anak, serta cucu berpamitan dengan menyalami satu per satu peserta apel, mulai dari kepala dinas, camat, hingga pegawai lainnya.

Bupati Tatto mengatakan kepulangannya dari Rumah Dinas Bupati Cilacap menuju rumah pribadi dengan berjalan kaki merupakan nazar yang harus dipenuhi.

“Ini nazar saya jalan kaki saat selesai menjabat karena pemimpin itu datang dan pergi. Dahulu saya ke sini diantar keluarga dan masyarakat. Namun, sekarang saatnya pulang karena perintah Undang-Undang. 15 tahun [menjabat], saya pulang,” ujarnya.

Baca juga: Panjat Tower 73 Meter di Cilacap, Pemuda asal Palembang Dijemput Tim SAR

Dengan berjalan kaki, Bupati Tatto ingin melihat hasil pembangunan selama 15 tahun memimpin Cilacap. Selama 15 tahun, berbagai jabatan diembang Tatto mulai dari wakil bupati, pelaksana tugas bupati, hingga Bupati Cilacap selama dua periode.

“Selain nazar, jalan kaki merupakan hobi yang rutin saya lakukan setiap hari karena menyehatkan. Saya juga ingin berpamitan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Kendati demikian, Tatto mengharapkan perjalanannya menuju Ciguling tidak menggangu aktivitas masyarakat maupun pelayanan publik di sepanjang rute yang dilalui. Namun demikian, Tatto tidak melarang jika ada masyarakat yang ingin meluangkan waktu 1 atau 2 menit untuk sekadar memberikan ucapan pamit.

“Kalau ada yang menyempatkan waktu 1—2 menit saya bahagia, saya ingin pamit,” katanya.

Baca juga: Profil Tatto Bupati Cilacap, Dulunya Pengusaha Toko Elektronik

Perjalanan Tatto diperkirakan akan memakan waktu selama 4 hari dengan beberapa etape. Pada hari pertama, Senin (14/11/2022), dari Pendapa Wijayakusuma menunju Kecamatan Jeruklegi dan Kawunganten. Setelah menginap di Kecamatan Kawunganten, keesokan harinya, Selasa (15/11/2022), Tatto melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Bantarsari dan Sidareja.

Setelah menginap di Kecamatan Sidareja, pada hari Rabu (16/11/2022), Tatto akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Cinangsi, Kecamatan Gandrungmangu, dan menginap di Kecamatan Karangpucung.

Pada hari terakhir, Kamis (17/11/2022), Bupati Tatto akan melanjutkan perjalanan dari Kecamatan Karangpucung menuju kediaman pribadi di Desa Ciguling, Kecamatan Majenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya