SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kecamatan Pringapus yang masuk daftar kecamatan tersepi di Kabupaten Semarang. (Instagram)

Solopos.com, UNGARAN — Kecamatan Pringapus masuk dalam daftar kecamatan tersepi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Kendati demikian, Pringapus rupanya juga menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang yang kaya akan potensi industri, terutama pabrik garmen.

Pringapus merupakan kecamatan di Kabupaten Semarang dengan luas wilayah mencapai 84,27 km persegi dan memiliki penduduk sekitar 34.537 jiwa. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk sebanyak itu, kepadatan penduduk di Pringapus berkisar 687 jiwa per km persegi.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Kepadatan penduduk itu pun membuat Pringapus menjadi kecamatan tersepi atau paling lengang di Kabupaten Semarang setelah Bancak dan Sumowono. Namun, kendati masuk dalam daftar lima kecamatan tersepi, Pringapus rupanya memiliki beberapa potensi di bidang industri.

Bahkan, banyak pabrik yang terus berkembang di kecamatan ini. Indusrti yang terkenal di kecamatan ini adalah garmen. Beberapa pabrik garmen yang ada di Pringapus, diantaranya PT. Ungaran Sari Garment, PT. Ungaran Indah Busana, dan PT. Hop Lun Indonesia Pringapus.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satu pabrik garmen di Pringapus yakni PT Ungaran Sari Garment bahkan mampu menembus pasar mancanegara, yakni Amerika Serikat, pada ahun 2015 lalu.

Tak hanya pabrik yang mulai berkembang, beberapa wilayah di Kecamatan Pringapus juga mulai mengembangkan potensi desa untuk dijadikan sebagai desa wisata. Salah satunya adalah Desa Wisata Kedung Gondang yang berada di Jatirunggo, Pringapus, Semarang.

Desa itu menjelma menjadi desa wisata karena diadakannya event untuk mengenalkan potensi desa ini. Di acara ini terdapat masyarakat yang menjual jajanan desa dan juga ada pertunjukan kuda lumping dan tari. Apalagi masyarakat desa ini juga ikut serta dalam kegiatan seni seperti pencak silat dan memainkan alat musik daerah sebagai iringan tari.

Destinasi desa wisata lain yang bisa dikunjungi di Pringapus adalah Pesona Garda. Berlokasikan di Desa Candirejo, Pringapus, Pesona Garda hadir dengan wisata alam dan sungainya. Wisata ini juga menjadi salah satu wisata favorit di Pringapus. Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati serunya bermain air di sungai bersama keluarga. Di tempat ini juga sering ada acara perkemahan bahkan bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Selain itu, partisipasi pemerintah dan masyarakat di kecamatan ini juga terlaksana dengan baik. Terbukti dari adanya beberapa kegiatan untuk memeperat hubungan pemerintah dan masyarakat di tahun 2023 ini , seperti kegiatan reboisasi serentak, kunjungan untuk tindakan penanganan balita, sosialisasi budaya gemar membaca, dan kegiatan monitoring dan pengecekan rumah warga yang mengalami bencana. Potensi lain di kecamatan ini juga terlihat dari adanya usaha kerajinan seni karya ukir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya