SOLOPOS.COM - Kombinasi sempurna sambal ontong khas Kudus yang menggugah selera. (Istimewa/Instagram @d.dapoer_homemade)

Solopos.com, KUDUS — Ontong atau jantung pisang merupakan salah satu bagian dari pisang yang sering kali diabaikan oleh banyak orang. Padahal, ontong memiliki potensi manfaat yang cukup beragam untuk diolah berbagai macam makanan.

Meskipun terdengar tak biasa, nyatanya ontong dapat dimasak menjadi berbagai hidangan lezat. Salah satunya diolah menjadi sambal ontong.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Di samping soto Kudus dan lentog Tanjung, sambal ontong merupakan kuliner jadul nan unik yang telah menjelma menjadi kuliner melegenda di Kota Kudus. Tersembunyi di balik gemerlapnya Kota Kretek ini, sambal ontong menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang tengah berkunjung.

Keunikan rasa yang menyertainya menjadikan sambal ini tak sekadar sebagai sajian kuliner. Melainkan juga potongan dari budaya yang patut dieksplorasi.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari sejarah kuliner Kota Kudus, sambal ontong mengandung makna yang mendalam. Rasa pedasnya yang khas serta bahan-bahan tradisional yang digunakan dalam pembuatannya menceritakan kisah tentang kehidupan dan kearifan lokal.

Menyajikan sambal ontong ini ternyata tak rumit dan cara memasaknya tergolong sederhana. Dimulai dari membersihkan jantung pisang dan direbus hingga empuk. Pastikan jantung pisang benar-benar empuk sehingga nantinya akan mudah diolah,

Sementara jantung pisang direbus, siapkan sambal kelapa yang sudah dibumbui dengan kencur. Setelah jantung pisang empuk dan ditiriskan kemudian diurap dengan sambal kelapa dan dicampur hingga merata. Ketika sudah tercampur rata, jadilah kuliner tempo dulu, sambal ontong.

Dalam sambal ontong, terdapat kelembutan jantung pisang yang dipadukan dengan rasa pedas dari cabai, sambal kelapa, dan semerbaknya rempah-rempah yang digunakan menciptakan harmoni cita rasa tiada duanya. Aroma kencur pada sambal kelapa memunculkan aroma khas dari sambal ontong itu sendiri.

Selain lezat dan mudah proses pembuatannya, manfaat ontong atau jantung pisang sebetulnya tak bisa dianggap remeh. Kaya akan serat, jantung pisang bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan. Jantung pisang juga kaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan pembentukan kolagen serta memelihara kesehatan kulit.

Dilansir oleh laman website ppid.kuduskab.go.id pada Senin (21/8/2023), meski sudah jarang yang menjual kuliner ini, Yayasan Menara Kudus yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berupaya menunjukkan kembali popularitas beragam kuliner tempo dulu khas Kudus.

Salah satunya sambal ontong melalui stan UMKM yang diselenggarakan dalam rangka perayaan Ta’sis 488 Masjid Al-Aqsha Menara Kudus di kawasan Taman Menara Kudus tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya