SOLOPOS.COM - Mendoan stroberi Purbalingga. (Istimewa/Instagram @purbalinggaku)

Solopos.com, PURBALINGGA — Mendoan stroberi menjadi jenis makanan unik dan unggulan di Purbalingga, tepatnya di kawasan Agrowisata Lembah Asri Serang. Saking uniknya, makanan jenis yang satu ini viral di media sosial (medsos).

Agrowisata Lembah Asri Serang merupakan kawasan wisata alam yang berada di daerah dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 65-1.300 mdpl. Agrowisata ini terkenal dengan potensi wisata utamanya, yaitu petik stroberi.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Hamparan lahan yang luas di kawasan ini menghasilkan beragam produk pertanian. Hal itu termasuk sayuran dan buah stroberi yang terkenal melimpah.

Melimpanya buah stroberi menjadi awal munculnya ide unik terciptanya mendoan stroberi khas daerah agrowisata ini. Guna menikmati mendoan stroberi, pengunjung bisa dengan mudah menjumpainya di warung-warung makan yang berjajar di kawasan lembah asri.

Untuk pembuatannya, sama seperti mendoan umumnya, yaitu tempe dicelupkan dalam adonan tepung yang sudah dicampur bumbu halus ketumbar, bawang putih, dan garam. Lalu diberi irisan daun bawang.

Tentu saja ditambahkan buah stroberi yang diiris tipis. Terakhir, digoreng dalam minyak panas hingga matang.

Mendoan stroberi yang sudah matang, biasanya disajikan dengan sambal kecap yang juga diberi potongan stroberi.

Melansir dari kanal YouTube Fifin Liefang yang merupakan alumnus peserta Master Chef Indonesia juga pernah mencoba makanan unik ini di warung makan kawasan rest area lembah asri. Menurutnya, rasa dari mendoan stroberi ini seperti makan mendoan diikuti rasa kecut dari stroberi.

Bau stroberinya sendiri juga tidak terlalu kuat, jadi masih dominan dengan aroma mendoan yang gurih dan khas. Untuk menikmatinya bisa juga dicocol dengan sambal kecap yang sudah sepaket dalam seporsi mendoan stroberi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya