SOLOPOS.COM - Desa Wisata Besani di Batang, Jawa Tengah. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, BATANG — Kabupaten Batang terletak di pantai utara Jawa Tengah dan berada pada jalur utama yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Menjadikan Ibu Kota pemerintahannya pada jalur ekonomi pulau Jawa sebelah utara yang sangat prospektif dan memiliki potensi desa wisata yang unik, salah satunya ialah Desa Wisata Besani, yang baru-baru ini meraih Juara Harapan Kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Dilansir dari batangkab.go.id, Desa Besani merupakan desa yang berada di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Desa Besani berada di daerah dataran tinggi dengan hamparan pemandangan alam yang indah berjarak sekitar 25 km dari ibu kota Kabupaten Batang.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Desa wisata yang baru dibentuk sejak 2022 ini, mengusung tagline “Gerbang Akulturasi Jawa-Cina”, sebagai gerbang penyatu hubungan bilateral berbasis wisata tradisi dan edukasi dalam era modernisasi dan globalisasi. Namun tetap menjaga kelestarian budaya jawa agar tidak terkikis serta mengenalkan tradisi budaya Jawa kepada dunia.

Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, meski Desa Wisata Besani di Batang ini baru dibentuk, namun telah meraih sejumlah prestasi. Di antaranya nomine 100 desa wisata terbaik dalam ADWI 2022, nomine 10 besar Anugerah Pesona Indonesia Award kategori Teh Sangan dan Destinasi Kreatif. Selain itu tahun ini meraih 75 desa terbaik dalam ADWI 2023.

Di desa ini terdapat spot wisata unggulan Desa Besani yang sangat beragam untuk dieksplorasi, mulai dari wisata alam, budaya, edukasi seputar teh dan Kuliner. Dilansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id disebutkan bahwa wisata yang ditawarkan antara lain:

  • Wisata Alam

Udara segar pasti cocok bagi siapa saja yang ingin bersantai dan melepas penat rutinitas sehari-hari dengan merasakan sensasi bersepeda di antara perkebunan teh yang hijau dan asri. Kesegaran lainnya juga bisa dijumpai dengan berkunjung ke Curug Dewi Besani yang lokasinya tak begitu jauh.

  • Wisata Edukasi

Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin dengan belajar di Pusat Bahasa Mandarin Dewi Besani. Pelatihan Bahasa Mandarin diadakan setiap hari Minggu, sekaligus mengenalkan budaya akulturasi Jawa dan China. Ada pula edukasi mengolah teh secara tradisional. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mencoba serunya permainan jadul anak 90 an. Jadi, selain belajar kamu bisa mengenang serunya masa kecil kamu sebelum mengenal gadget.

Disini terdapat permainan tempo dulu yang bisa kamu coba. Mulai dari cublak-cublak suweng, balap karung, dakon, hingga lompat tali. Bagi kamu yang memiliki hobi melukis ataupun hanya corat coret, kamu bisa nih untuk mencoba membuat sprei lukis.

  • Wisata Buatan

Di Desa Wisata Besani Batang juga ada wisata keren yang bernama De Blado. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang suka berswa foto. Pasalnya, De Blado ini menyediakan beberapa spot foto yang keren dan instagrammable banget. Selain itu, kamu juga bisa menontonn film dengan layar tancap. Jadi, bagi para orang tua bisa nih merasakan nostalgia jaman-jaman pacaran dulu waktu nonton layar tancap.

  • Wisata Budaya

Di desa wisata Besani Batang, kamu juga bisa menyaksikan berbagai kesenian tradisional. Disini kamu bisa melihat tarian lengger yang biasanya oleh masyarakat setempat ditampilkan pada saat acara hajatan atau penyambutan tamu.

Selain itu ada juga kudang lumping atau dikenal dengan nama jaran kepang. Tak ketinggalan, ada juga kuntulan yang mana merupakan salah satu kesenian tradisional yang diiringi dengan rebana dan sholawat.

  • Wisata Kuliner

Sama seperti obyek wisata lainnya, desa wisata Besani Batang ini juga menyediakan aneka kuliner khas. Mulai dari megono, ayam besani manggut, ayam besani special, tauhwa besani hingga rambak besani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya