SOLOPOS.COM - Ilustrasi Desa Wisata Sambongrejo di Blora. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, BLORA — Desa Sambongrejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng). Desa Sambongrejo selama ini juga dikenal sebagai salah satu desa wisata terbaik di Jateng dan juga di Kabupaten Blora.

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, ada lima desa wisata di Jateng yang masuk dalam daftar 75 desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Dari lima desa di Jateng itu salah satunya adalah Desa Sambongrejo di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Desa ini dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Alun-alun Blora. Berikut sederekt keunikan dari Desa Sambongrejo, yang merupakan desa wisata terbaik di Blora.

  • Kearifan Lokal Sedulur Sikep Samin

Desa Wisata Sambongrejo dikenal akan kearifan lokal sedulur sikep Samin. Pengunjung bisa belajar banyak tentang pitutur atau nasihat bijak dari sesepuh Sedulur Sikep yaitu Mbah Pramugi Prawiro Widjojo. Sambil lesehan menikmati kudapan tradisional khas desa seperti gethuk, ketela rebus, kacang rebus, wisatawan bisa menyimak cerita sejarah ajaran hidup serta tradisi Sedulur Sikep dari Mbah Pramugi di Pendapa Agung Kampung Samin.

  • Kesenian Tradisional

Sebelum menginjakkan kaki di Kampung Samin, pengunjung diajari memakai iket samin atau ikat kepala (udeng) dan disambut dengan atraksi kesenian tradisional, seperti drumblek dan Klothek Lesung yaitu musik dari alat penumbuk padi.

  • Paket Wisata yang Menarik

Desa Wisata Sambongrejo digagas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sido Rukun. Sejak diluncurkan 31 Oktober 2021 lalu, Desa Wisata Sambongrejo terus berkembang. Wisatawan selain menikmati sensasi alam pedesaan. Paket yang ditawarkan cukup menarik, seperti edukasi pembuatan tempe khas dengan bungkus daun jati, serta kelas keterampilan membatik.

  • Makanan dan Minuman Khas

Pengunjung dapat menikmati minuman khas Wedang Cangkruk sebagai welcome drink di Desa Sambongrejo, yang merupakan desa wisata terbaik di Blora. Minuman tradisional merupakan olahan dari jahe, sereh, secang yang menciptakan efek warna alami. Selain itu ada Krowotan, istilah untuk camilan selamat datang yang berupa aneka penganan tradisional seperti kacang rebus, tape, lemper, nagasari dll. Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh seperti peyek kacang, rengginang atau krecek, dan madu mongso ketan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya