SOLOPOS.COM - Penampakan Jalur Daendels (kanan). (Istimewa/Instagram @iqbal_kautsar)

Solopos.com, PURWOREJOJalan Daendels di Purworejo menjadi lokasi kecelakaan maut bus pariwisata yang mengangkut rombongan study tour SMPN 3 Garut dengan dua sepeda motor, Minggu (12/2/2023) malam. Akibat kejadian tersebut, satu orang meninggal dunia.

Korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut diketahui bernama Riyan Parasetio, 20 warga Grabag, Kabupaten Purworejo. Sementara itu, korban luka dilarikan ke RSUD Wates, Kulonprogo, Yogyakarta.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Informasi bus rombongan study tour SMPN 3 Garut terlibat kecelakaan di Purworejo itu juga ramai diinformasikan di media sosial (medsos), salah satunya di Instagram. Diketahui selain satu orang meninggal dunia, terdapat pula satu orang mengalami fraktur di kedua kaki dan 23 orang mengalami luka-luka.

Terima kasih semua pihak yg terlibat dalam pertolongan kecelakaan di Jl. Daendels Kb. Purworejo, Minggu, 12 Februari 2023,” tulis @pmi_kabupaten_purworejo, Senin (13/2/2023).

Dilansir dari id.wikipedia.org pada Senin (13/2/2023), Jalan Daendels atau Jalur Daendels di Purworejo ini juga dikenal masyarakat luas sebagai Jalur Lingkar Selatan-Selatan (JLSS), Jalur Pantai Selatan Jawa (JPSJ), dan Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Jalan ini sudah ada sejak abad ke-4 dan menjadi jalur upeti kerajaan di Pulau Jawa. Jalur ini dipakai Pangeran Diponegoro ketika melawan Belanda dalam Perang Jawa (1825-1830). Belakangan diketahui, jalur tersebut sengaja diberi nama Daendels karena untuk menurunkan pamor Pangeran Diponegoro.

Jadi, penamaan Jalan Daendels bukan merujuk pada Gubernur Jendral Hindia-Belanda Herman Willem Daendels. Sebaliknya, penamaan jalan ini merujuk pada Augustus Dirk Daendels, asisten residen Ambal, wilayah pecahan dari Bagelen (sekarang masuk wilayah Kabupaten Purworejo) yang menjabat pada 1838.

Jalur Daendels merupakan sebuah jalan lingkar sepanjang 130 kilometer. Dulunya dikenal sebagai jalan yang padat kendaraan, rawan kecelakaan dan rawan aksi kejahatan kriminal.

Pembangunan Jalan Daendels dimulai sejak Oktober 2015 dan selesai pada Desember 2018. Jalan tersebut sudah mulai dibuka pada Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya